Terima 14 Ribu Usulan Warga Jateng soal Pembangunan, Ganjar Bakal Lakukan Hal Ini

- Jumat, 17 Maret 2023 | 15:05 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengaku sudah menerima lebih dari 14.717 usulan masyarakat soal pembangunan. Usulan itu dapat saat Ganjar melakukan musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (musrenbangwil).

Menurut Ganjar, total anggaran secara keseluruhan yang telah dialokasian untuk menindaklanjuti 14.717 usulan dari masyarakat tersebut yakni sebesar Rp22,1 triliun.

"Rp22,1 triliun paling yang bisa kita bantu selama ini rata-rata Rp6 triliun yang bisa kita berikan. Rp6 triliun ini cara distribusinya berdasarkan prioritas," ujar Ganjar dalam keterangannya, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Ganjar Luncurkan Aplikasi Bank Data Atlet Jateng

Kata Ganjar, setiap Kabupaten dan Kota mempunyai kebutuhan tersendiri untuk menyelesaikan usulan dari warga. 

Oleh sebab itu, Ganjar telah memetakan seluruh 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah sesuai skala prioritas yang dibutuhkan untuk dicocokkan dengan usulan masyarakat yang disampaikan saat musrenbangwil.

-
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

"Akan ada desk, teknis sifatnya antar kabupaten kota yang prioritas yang mana, anggaran kita berapa, sehingga kita akan tahu dari kemampuan yang ada, berapa (anggaran) yang bisa diberikan," jelas Ganjar.

Baca Juga: Demi Dorong Siswa Terampil Budi Daya Pertanian-Perekbunan, Ini yang Dilakukan Ganjar

Mantan anggota DPR RI itu menyebutkan, cara musrenbangwil yang memberikan kesempatan secara langsung kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan usulan pembangunan dinilai sangat efektif dalam menyelesaikan persoalan.

Dengan cara tersebut, jelas Ganjar, keputusan yang harus diambil eksekutif dan legislatif dalam bentuk program dan kebijakan dapat berdampak besar bagi masyarakat.

"Maka dengan musrenbang dari masyarakat menyampaikan langsung, harapan kita bisa menjadi satu bahan untuk pengambilan keputusan di tingkat eksekutif dan legislatif," ucap Ganjar.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X