Atasi Berbagai Persoalan Desa di Jateng, Papdesi Bakal Selesaikan dengan Cara Seperti Ini

- Kamis, 16 Maret 2023 | 12:45 WIB
Ketua Dewan Pembina Papdesi, Ganjar Pranowo saat hadir di Rakerda Papdesi Jawa Tengah. (Dok Papdesi)
Ketua Dewan Pembina Papdesi, Ganjar Pranowo saat hadir di Rakerda Papdesi Jawa Tengah. (Dok Papdesi)

Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Jawa Tengah (Jateng) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda).  Adapun Rakerda itu membahas komitmen Papdesi Jateng dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dialami oleh masyarakat di Desa.

Ketua Dewan Pembina Papdesi, Ganjar Pranowo mengatakan, Rakerda tersebut membahas sejumlah hal penting yang biasa ditemui di desa. Seperti masalah stunting, pengelolaan penyandang disabilitas, hingga kemiskinan ekstrim.

“Papdesi bisa menyusun program, karena kami punya PR besar penurunan stunting, kemiskinan ekstrem. Kawan-kawan ini kan yang berada di garda terdepan, jadi mereka yang kami pastikan paling mengerti di desa," kata Ganjar dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Hadiahkan Ambulans ke Desa di Demak, Ganjar: Biar Punya Fasilitas untuk Tolong Warga

Gubernur Jawa Tengah ini berharap aparatur desa dapat memaksimalkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (musrenbangwil) untuk menguatkan koordinasi. Baik dengan Pemerintah Provinsi Jateng maupun pemerintah kabupaten demi percepatan perencanaan pembangunan.

"Beberapa pengalaman dari desa-desa yang berhasil, penanganan kesehatan, penurunan AKI AKB, stunting, pengelolaan penyandang disabilitas yang bagus, desa wisata itu kalau dibagi semua tinggal meniru," tutur Ganjar.

Sementara Ketua DPD Papdesi Jateng, Joko Prakoso pun mengajak jajarannya aktif menunjukkan komitmen problem solver di desanya masing-masing. Khususnya terkait masalah kemiskinan ekstrem.

“Arahannya Pak Ganjar tadi disampaikan turut membantu ekonomi yang ada di desanya masing-masing,” kata dia.

Baca Juga: Soal Masa Jabatan 9 Tahun, Viral Video Oknum Kades: 9 Tahun Saya Tunggu Kabarmu

Melalui Rakerda itu, Joko meminta mereka menjalankan tugas organisasi sebaik mungkin demi kemajuan seluruh desa yang ada di Jateng.

Menurut Joko, rakerda itu merupakan pembangkit semangat bekerja Papdesi Jateng usai dilanda COVID-19. Papdesi Jateng sendiri akan menggelar rapat kerja lanjutan di kepengurusan cabang.

“Kami bentuk acara ini memang acara rakerda se-Jateng 29 kabupaten yang nantinya akan dilanjutkan lagi ke kabupaten masing-masing,” kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X