Survei Terbaru Populi Center: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo Turun

- Senin, 26 Juni 2023 | 22:12 WIB
Ganjar Pranowo (kiri) dan Prabowo Subianto (Kanan). (ANTARA FOTO)
Ganjar Pranowo (kiri) dan Prabowo Subianto (Kanan). (ANTARA FOTO)

Lembaga Populi Center merilis hasil survei terbaru dengan tajuk "Masa Depan Pembangunan dan Demokrasi: Menakar Komitmen Capres 2024". 

Dalam survei Populi tersebut diketahui Ganjar Pranowo sebagai capres teratas berhasil unggul dari Prabowo Subianto yang bulan lalu sempat unggul. Pada survei yang dirilis akhir Mei 2023 lalu, Prabowo unggul dengan jumlah suara 35,8 persen. 

Ketika itu Ganjar ada di posisi kedua dengan 34,4 persen dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 21,5 persen. Namun di bulan ini, Ganjar mulai melesat dan mengungguli Prabowo dengan elektabilitas 35,8 persen.

Baca Juga: Cawapres Potensial, Erick Thohir Berpeluang Besar Gaet Suara Milenial

"Dalam simulasi tiga tokoh calon presiden, dari Ganjar, Prabowo, Anies, yang paling tinggi Ganjar dengan 35,8 persen, Prabowo 33,4 persen, dan Anies 23,2 persen,” ujar peneliti Populi, Hartanto Rosojati kepada wartawan,Senin (26/6).

Sedangkan yang belum memutuskan 7,3 persen dan yang menolak menjawab sebanyak 0,3 persen. Dari suara tersebut, Populi lalu menjabarkan persebarannya berdasarkan basis partai. 

-
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)

Terlihat mayoritas simpatisan PDIP (77,6 persen), dan PKB (42,4 persen) solid memilih Ganjar Pranowo. Sedangkan simpatisan Partai Gerindra (78,2 persen), Golkar (47,1 persen), PPP (32,4 persen), dan PAN (40,4 persen) memilih Prabowo Subianto. 

Sementara pemilih NasDem (51,4 persen), PKS (63,4 persen), dan Demokrat (46,2 persen) lebih memilih Anies. Populi juga membuat skema top of mind atau pertanyaan terbuka. 

Baca Juga: Keluhkan Soal Banjir di Wilayahnya, Ganjar: Nanti Aku Ngomong ke Pemrov DKI!

Dalam pertanyaan itu, 21,9 persen responden memilih Ganjar sebagai presiden jika pilpres digelar saat ini. Sedangkan yang memilih Prabowo ada 19,3 persen, dan Anies Baswedan 14,4 persen.

Selain ketiga nama itu, ada tiga nama lainnya yang muncul. Salah satunya adalah Presiden Jokowi (6,3 persen) yang di Pilpres 2024 sudah tidak bisa lagi maju sebagai capres.

Lalu dua nama lainnya yang masuk dalam enam besar adalah Ridwan Kamil dengan 1,3 persen dan Mahfud MD dengan 0,7 persen. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X