Bantu Tangani Virus Corona, Dokter Relawan Siap Disebar di Indonesia

- Jumat, 19 Juni 2020 | 10:53 WIB
Ilustrasi dokter tengah bertugas.(freepik)
Ilustrasi dokter tengah bertugas.(freepik)

Menghadapi virus corona dengan daya tular yang cepat, setiap negara harus
menerapkan standar penanganan yang tepat dan praktisi medis mutlak mengadopsi protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Salah satu kesulitan yang dialami Indonesia yaitu kurangnya tenaga kesehatan. Beruntungnya, relawan bersedia membantu. Tim medis relawan ini pun dibekali dengan pengetahuan tentang standar penanganan Covid-19 sesuai rujukan WHO.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng platform digital Docquity dalam memberikan pelatihan digital untuk relawan. Di sini, menjadi tempat berkumpulnya para dokter yang telah terverifikasi, serta menyediakan layanan rekrutmen dokter relawan Kemudian, mereka dikerahkan untuk menangani pasien covid-19.

-
Pelatihan dasar menangani pasien virus corona secara online.(dok)

Saat dikonfirmasi Indozone, Jumat (19/6/2020), pihak Docquity menyebutkan pelatihan digital untuk dokter relawan menjadi kewajiban untuk membantu menangani virus corona.

"Kami telah sukses mengumpulkan ribuan dokter di Indonesia sebagai pengguna aktif. Pelatihan dan perekrutan secara daring melalui Docquity yang didukung sepenuhnya oleh Kemenkes, berdampak sangat besar tidak hanya untuk kesembuhan pasien, tapi juga keamanan pasien dan petugas medis yang terlibat di dalam pelayanan sesuai standarisasi WHO," sebut Amit Vithal selaku Co-Founder Docquity dalam keterangannya.

Selanjutnya, dokter relwan ini akan disebar untuk menangani pasien virus corona. Rencananya, tak hanya di Jakarta, tapi titik lain di seluruh Indonesia.

"Untuk tugas dokter relawan itu semua tergantung dari Kemenkes. Utamanya sih di Wisma Atlet, tapi juga dialokasikan ke berbagai titik seluruh INdonesia yang membutuhkan," tambah pihak Docquity.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X