Korban Pencabulan Ayah Kandung Cabut Laporan, Mendadak Kasihan Lihat Ayahnya Sakit

- Kamis, 18 Maret 2021 | 11:28 WIB
Ilustrasi pencabulan (DNA India)
Ilustrasi pencabulan (DNA India)

Anak perempuan yang dicabuli oleh ayah kandungnya, akhirnya mencabut laporan polisi karena merasa iba kepada ayahnya.

Warga Mataram, NTB itu kasihan melihat kondisi kesehatan ayahnya yang berinisial AA, mantan anggota dewan NTB.

"Jadi awalnya memang dari pihak keluarga korban 'bersikukuh' tidak akan berikan maaf, tapi setelah korban melihat kondisi ayahnya yang sakit-sakitan di dalam tahanan, korban tersentuh dan menangis hingga akhirnya keduanya sepakat untuk saling memaafkan," kata Asmuni, kuasa hukum korban, dikutip dari Antara, Kamis (18/3/2021).

Karena itulah, akhirnya korban mencabut laporan ke penyidik Satreskrim Polresta Mataram.

Meskipun terlapor kini berstatus tersangka dan kewenangan penanganannya ada pada penyidik kepolisian, namun Asmuni yakin kasus ini akan ditangani secara profesional.

"Polisi tentu akan melihat apa yang sudah terjadi, ada perdamaian, ada pencabutan laporan. Baik buruknya pasti akan menjadi pertimbangan polisi dalam menentukan kelanjutan penanganan kasus ini," ujarnya.

Dia pun mengingatkan kepolisian agar kelanjutan penanganan kasus ini dapat mengacu pada proses penyelesaian perkara yang mendasar pada keadilan restoratif.

"Tapi itu kewenangan penegak hukum, kami tidak bisa ikut campur dalam membuat keputusan agar sikap dari kepolisian nantinya adalah murni dari kebijakan dalam penegakan hukum," ucap dia.

Terkait kondisi psikologis korban saat ini, Asmuni mengatakan bahwa dia sudah lebih baik dari sebelumnya. Hubungan antara ayah dan anak itu juga sudah terjalin dengan baik.

"Hubungan terlapor dengan pelapor, antara ayah dan anak, sekarang alhamdulillah sudah baik, komunikasi mereka juga sudah baik. Bahkan korban sering datang ke kantor kami menanyakan ke saya, kakaknya, tentang kondisi ayahnya yang sekarang sedang sakit," kata Asmuni.

Asmuni menegaskan perdamaian antara kedua belah pihak adalah hasil mufakat dan hubungan batin antara ayah dan anaknya.

Diberitakan sebelumnya, korban dicabuli oleh ayahnya sendiri saat sang ibu sedang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X