Di China Plasenta Banyak Diminati Masyarakat, Diyakini Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

- Kamis, 18 Maret 2021 | 09:29 WIB
Plasenta manusia yang sudah diolah (Istimewa)
Plasenta manusia yang sudah diolah (Istimewa)

Plasenta manusia terus dijual secara ilegal di pasar gelap China, sebuah penyelidikan baru menemukan.

Beberapa orang percaya bahwa plasenta segar (organ yang memberi makan janin) mengandung khasiat penyembuhan, sehingga banyak yang memakannya atau mengolahnya menjadi bubuk dan menjualnya.

Plasenta, yang dikenal sebagai ziheche dalam pengobatan tradisional Tiongkok, dianggap dapat mengobati penyakit seperti tuberkulosis serta membantu mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau membantu kesehatan reproduksi.

Telah terjadi tindakan keras terhadap perdagangan dalam beberapa tahun terakhir, dengan Departemen Kesehatan China melarang penjualan plasenta manusia pada tahun 2005.

Namun tidak ada undang-undang yang melarang penjualan obat yang terbuat dari plasenta dan tidak ada ketentuan tentang asal bahan tersebut.

Sebuah laporan menemukan perdagangan plasenta ilegal terutama berbasis di Bozhou di Anhui, Pizhou di Jiangsu, dan Yongcheng di Henan.

Pedagang mengumpulkan plasenta dari rumah sakit, pabrik limbah medis, dan bahkan rumah duka meskipun ini merupakan risiko kesehatan utama. Kurangnya regulasi berarti tidak ada pemeriksaan apakah organ mungkin mengandung virus seperti hepatitis B, HIV, atau sifilis.

"Jika ibunya terkena penyakit menular, plasenta juga akan membawa virus," kata dokter kandungan Lin Xiu kepada media setempat, dikutip dari The Sun.

Jadi makan plasenta manusia yang masih segar bisa jadi bisa membuat Anda terjangkit penyakit. Itu berbahaya bagi kesehatan.

Seorang pria mengatakan kepada ABS CBN bahwa dia telah menjual plasenta manusia selama 25 tahun dan bahwa keluarganya memproses 130.000 organ tahun lalu.

Yang lain mengatakan bahwa dulu mudah mendapatkan plasenta dari rumah sakit, tetapi karena tindakan keras tersebut, pedagang harus beralih ke tempat pembuangan limbah medis atau membayar staf rumah sakit untuk mengambil organ.

Seorang penjual online mengatakan banyak pelanggannya membuat plasenta menjadi sup.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X