The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polda Metro Tempel Stiker di Rumah Pemudik, untuk Apa?
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
News

Polda Metro Tempel Stiker di Rumah Pemudik, untuk Apa?

Ini alasannya.

Selasa, 18 Mei 2021 13:32 WIB 18 Mei 2021, 13:32 WIB

INDOZONE.ID - Jajaran Polda Metro Jaya bersama instansi terkait diketahui menempel stiker di rumah-rumah para pemudik di Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya sebagai penanda jika warga tersebut melaksanakan mudik dan petugas gabungan akan mengecek terkait surat bebas Covid-19 pada penghuni rumah tersebut.

"Kita berbasis komunitas mikro yang sebelum mudik ini sudah kita kumpulkan, tiga pilar di bawah, RT, Babinsa dan Babinkamtibmas mendatakan warganya yang mudik. Data itu sudah masuk semuanya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Dari data yang dikumpulkan, petugas akan menempel sebuah stiker di rumah-rumah yang terdata. Stiker tersebut hanya ditempel di rumah yang penghuninya melakukan aktivitas mudik Lebaran.

"Setiap pendataan selesai ditempel stiker di rumahnya. Isi stikernya misalnya rumah ini tiga orang yang melakukan mudik," beber Yusri.

Kombes Yusri menyebut nantinya ada petugas gabungan yang akan mendatangi rumah-rumah yang berstiker. Petugas tersebut akan mengecek surat bebas Covid-19.

"Gunanya untuk apa? Ini lah nanti yang kita berbasis komunitas bersama tenaga kesehatan ditingkat mikro di bawah akan mendatangi rumah tersebut, ada enggak hasil swab antigen ketika mereka pulang, kalau tidak ada kita swab di tempat," kata Yusri.

BACA JUGA: Anulir Penonaktifan 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK, Novel Baswedan: Terima Kasih Pak Jokowi

Lebih jauh Yusri menyebut jika ada warga yang positif virus corona saat dilakukan swab, pihaknya akan merujuk warga tersebut ke Wisma Atlet, Jakarta. Petugas juga akan melakukan tracing terhadap warga tersebut.

"Kalau ada yang positif, 3T kita lakukan. Testing sudah kita lakukan, tracing kita lakukan lagi, satu rumah tersebut akan kita isolasi. Kami tempel stiker 'rumah ini sementara isolasi mandiri mulai tanggal berapa sampai berapa' Kalau perlu dirujuk, kita rujuk," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US