Kronologi Lengkap Kebakaran Kilang Pertamina Dumai yang Rusak Rumah Warga

- Minggu, 2 April 2023 | 12:42 WIB
Kebakaran di Kilang Minyak Dumai. (ANTARA)
Kebakaran di Kilang Minyak Dumai. (ANTARA)

Ledakan dan kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau, pada Sabtu (1/4/2023) malam. Polisi pun membeberkan kronologi ledakan disusul dengan kebakaran sehingga mengakibatkan lima pekerja luka-luka.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, hingga kini penyebab insiden tersebut masih diselidiki oleh pihak Kepolisian.

"Penyebab ledakan masih dalam lidik," ujar Ramadhan kepada wartawan, Minggu (2/4/2023).\

Baca Juga: Pertamina Bantah Ada Korban Jiwa, 5 Pekerja Terluka Ledakan di Kilang Dumai Pulang dari RS

Namun dia sedikit membeberkan kronologi insiden itu berdasarkan keterangan Manager Communication Relationship PT. Kilang Pertamina Internasional (PT. KPI) RU II Dumai, Agus Setiawan.  Awalnya muncul ledakan yang mengakibatkan terbakarnya make up gas Unit 2 11 Area HCC (Hydro Cracker Complex) PT. Kilang Pertamina Internasional pada pukul 22.44 WIB.

"Terbakarnya kompresor make up gas yang diawali terlebih dahulu dengan adanya ledakan yang mengakibatkan getaran di sekitar area kilang," jelas dia,

Kata Ramadhan, si jago merah berhasil dipadamkan 10 menit kemudian. Sementara ditemukan ada korban luka yang merupakan pekerja shift sore dan segera dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk mendapatkan penanganan medis.

"Para korban tersebut merupakan karyawan pertamina HCC yang sedang shift sore, rata-rata mengalami luka ringan akibat serpihan kaca, namun telah dilakukan penanganan medis di RS Pertamina Dumai dan sudah diperbolehkan pulang," imbuh dia.

Mediasi dengan Masyarakat

Diakui Ramadhan warga sekitar sempat resah lantaran adanya peristiwa kebakaran di Kilang Minyak Dumai. Mereka pun datang ke lokasi untuk meminta keterangan dan pertanggungjawaban dari pihak PT KPI lantaran beberapa rumah warga alami kerusakan.

"Terkait hal itu, Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MArs yang hadir bersama Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K dan Dandim 0320 Dumai, Letkol Arh Hermansyah Tarigan, S.E melakukan himbauan untuk menenangkan masyarakat. Kemudian mengajak perwakilan masyarakat untuk mediasi," katanya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Ledakan Kilang Pertamina Dumai, Libatkan Tim Puslabfor

Pada saat mediasi juga dilakukan pengecekan langsung ke TKP Kebakaran oleh Walikota, Kapolres, dan Dandim 0320 Dumai, Kasat Intelkam Polres Dumai, GM PT. KPI RU II Dumai serta perwakilan masyarakat untuk memperoleh situasi riil di lokasi kebakaran, guna mencegah adanya miss informasi dan menenangkan masyarakat sekitar kilang PT. KPI RU II Dumai pasca terjadinya kebakaran. 

"Setelah perwakilan masyarakat melihat secara langsung situasi api sudah padam dan aman kemudian masyarakat merasa tenang dan kondusif," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X