Fadli Zon Sebut Penularan Corona Justru dari si Kaya ke si Miskin, Benarkah?
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon. (Instagram/fadlizon)
News

Fadli Zon Sebut Penularan Corona Justru dari si Kaya ke si Miskin, Benarkah?

Saat ini tidak ada lagi imported case.

Minggu, 29 Maret 2020 10:30 WIB 29 Maret 2020, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon, mengkritik pernyataan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto terkait si kaya dan si miskin yang videonya viral belakangan ini. 

Dalam akun Twitternya, Fadli Zon mengatakan, virus corona justru disebarkan oleh orang kaya kepada orang miskin, dan bukan sebaliknya.

"Mungkin Pak Yuri kelelahan sehingga omongannya ada yang terbolak balik. Virus ini (corona) disebarkan oleh orang kaya ke orang miskin, bukan sebaliknya," tulis Fadli Zon.

Sebelumnya, Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Gedung BNPB pada Jumat (27/3/2020) mengimbau agar mereka yang memiliki perekonomian baik bisa membantu yang miskin.

"Yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakitnya," kata Yuri, sapaan akrabnya.

Benarkah virus corona disebarkan dari orang kaya kepada orang miskin seperti yang dikatakan Fadli Zon?

Yuri dalam wawancaranya kepada Indozone, Minggu (29/3/2020), mengatakan, saat ini penyebaran virus corona tidak lagi imported case seperti pada awalnya virus tersebut merebak. Saat ini, kata Yuri, mereka yang terinfeksi virus corona karena terular dari orang ke orang.

"Sekarang sudah tidak ada lagi imported case, tapi sudah penularan orang ke orang," kata Yuri. 

Yuri pun menjelaskan maksud pernyataanya yang miskin menularkan ke si kaya yang belakangan menjadi polemik di masyarakat. Ia mengatakan, banyak pekerja yang harus tetap mencari nafkah ke luar rumah demi menghidupi anak dan istrinya. Ia mencontohkan para driver ojek online. Dengan mereka bekerja di luar maka rentan terinfeksi virus corona, dan itu sangat berbahaya jika nantinya bisa menularkan kepada keluarganya di rumah. 

Oleh karena itu, menurut Yuri, sebaiknya si kaya bisa membantu si miskin agar tidak lagi bekerja di rumah, sehingga penularan virus corona bisa ditekan.

"Yang saya katakan tadi, yang miskin menular itu kalau ojek online ini bekerja di luar rumah, lalu dia sakit, nanti pulang ke rumah, anak istrinya bisa tertular. Bukan objek ini menularkan orang kaya," kata Yuri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US