Ada Isu Reshuffle Menteri NasDem, Demokrat: Koalisi Perubahan Tidak Goyah

- Selasa, 17 Januari 2023 | 22:01 WIB
Koalisi Perubahan (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Koalisi Perubahan (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Partai Demokrat menegaskan, Koalisi Perubahan tidak akan goyah meski menteri dari partai calon mitra koalisinya, yakni NasDem, diterpa isu reshuffle kabinet. Koalisi, yang diinisiasi PKS ini, juga tidak akan goyah meski mendapatkan gangguan dari oligarki.

“Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem, tidak akan goyah terhadap adanya upaya rongrongan dari oligarki. Termasuk, dengan makin kencangnya isu reshuffle kabinet,” kata Deputi Analisa Data dan Informasi DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution dalam keterangannya, Selasa (17/12023).

Syahrial mengatakan, Koalisi Perubahan dibangun bukan hanya untuk mengantarkan Demokrat agar dapat berlayar ke Pilpres 2024. Dia menyebut, Koalisi Perubahan juga harus menghasilkan kemenangan.

-
Agus Harimurti Yudhoyono (Instagram/@agusyudhoyono)

Baca Juga: Soal Deklarasi Anies Capres 2024, Demokrat Ngaku Masih Rumuskan Formula Kemenangan

Syahrial mengungkapkan, Demokrat, NasDem, dan PKS memiliki semangat yang sama. Menurutnya, pihak-pihak yang mencoba melemahkan terbentuknya koalisi akan mengalami kesulitan lantaran rakyat menginginkan perubahan dan perbaikan.

“Tekanan-tekanan politik yang ada dan berusaha melemahkan terbentuknya koalisi tidak akan mudah menghadapi keinginan rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan,” ungkapnya.

Syahrial mengklaim, elektabilitas Demokrat dan AHY yang dirilis beberapa lembaga survei kredibel merupakan hasil murni dari kerja-kerja partai dan kader.

“Elektabilitas Demokrat tidak didongkrak oleh tokoh di luar partai. Begitupun dengan terus meningkatnya elektabilitas Ketum AHY,” tuturnya.

Jadi, kata dia, jika Anies Baswedan, yang sudah dideklarasikan sebagai capres oleh NasDem, dipasangakan dengan AHY, akan menjadi sangat kuat dan sesuai dengan harapan rakyat yang menginginkan perubahan.

Lebih lanjut Syahrial menuturkan, semua tokoh yang masuk radar survei baik capres maupun cawapres, hanya Anies dan AHY yang merupakan simbol perubahan.

“Keduanya memiliki kekuatan elektabilitas pada masing-masing segmen sehingga saling menguatkan jika dipasangkan. Jika Anies coba dipasangkan dengan tokoh status quo, bukan Koalisi Perubahan lagi namanya,” ujarnya.

Saat ini, diungkapkan Syahrial, tim kecil dari tiga partai calon mitra koalisi sedang menyiapkan langkah-langkah pemenangan pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Menurutnya, ujian yang tengah dihadapi NasDem terkait menterinya yang diisukan akan dicopot, tidak memengaruhi pembahasan pada tim kecil Koalisi Perubahan.

Baca Juga: Partai Demokrat Bakal Gelar Perayaan Natal Nasional di Jakarta

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X