Pemkot Jambi Siapkan SOP Indikator Demi Raih Predikat Kota Ramah Anak Tingkat Utama

- Minggu, 12 Maret 2023 | 23:43 WIB
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, mengatakan Pemkot Jambi menargetkan mendapat status kota ramah anak utama pada 2023. (ANTARA/Tuyani)
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, mengatakan Pemkot Jambi menargetkan mendapat status kota ramah anak utama pada 2023. (ANTARA/Tuyani)

Pemerintah Kota Jambi menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) indikator kebencanaan dan adopsi anak. Ini dilakukan untuk memenuhi kriteria kota ramah anak atau kota layak anak tingkat utama .

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, mengatakan Pemkot Jambi menargetkan Kota Jambi dapat berada di posisi tingkat utama sebagai kota ramah anak.

"Untuk mencapai target tingkat utama, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, seperti peraturan terkait dengan kebencanaan hingga adopsi terhadap anak," kata Maulana di Jambi, Minggu (12/3/2023).

Baca Juga: Jambi Tangkap 4 pelaku Ilegal Drilling di Muaro Jambi

Untuk itu, kata dia aturan atau SOP terkait kedua sektor itu harus dipenuhi. Meskipun nantinya kondisi itu tidak ada terjadi di Kota Jambi dan memiliki peluang kecil untuk terjadi, tapi SOP kebencanaan dan adopsi harus tetap dilengkapi.

Maulana juga mengaku telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD dan Camat, untuk membuat inovasi dan program yang mendukung target Pemerintah Kota Jambi tersebut pada tahun 2023.

Inovasi dari masing - masing OPD menjadi penting guna mendukung tercapainya target kota ramah anak tersebut. Saat ini Kota Jambi mengantongi predikat kota ramah anak kategori Nindya.

Selain itu Maulana juga mendapatkan usulan agar pemerintah kota memberikan ruang bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

Baca Juga: Pemerintah Pusat Digugat karena Jalan Rusak Akibat Angkutan Batu Bara di Jambi

Perhatian kepada anak-anak berkebutuhan khusus terutama diberikan pada dunia pendidikan. Pihaknya mengaku sudah memberikan instruksi bahwa sekolah yang bersifat inklusif tidak boleh lagi menolak anak-anak berkebutuhan khusus.

Untuk bertransformasi menjadi ramah anak Itu Pemkot Jambi berupaya memenuhi berbagai aspek. Diantaranya dengan mengakomodir dan melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung, seperti taman-taman bermain yang akomodatif bagi anak, sistem pendidikan dan sekolah bermutu.

Kemudian, akan lahir regulasi pendukung, seperti Perda Kota Sehat, Perda Kawasan Bebas Asap Rokok dan regulasi lainnya, dalam mendukung gerakan Kota ramah anak anak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X