Dorong Pemulihan Sektor Perumahan, SMF Gelontorkan Rp850 Miliar Ke BTN

- Rabu, 15 Juli 2020 | 19:26 WIB
Ilustrasi perumahan BTN (ANTARANEWS)
Ilustrasi perumahan BTN (ANTARANEWS)

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengalirkan pinjaman refinancing untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar Rp850 miliar kepada PT Bank BTN (Persero) Tbk. Pinjaman tersebut merupakan bagian dari kolaborasi SMF dan BTN dalam mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di  sektor perumahan.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan, recanannya seluruh dana yang disalurkan oleh SMF kepada BTN tersebut akan digunakan untuk refinancing KPR Program Pemerintah. Menurutnya, refinancing tersebut merupakan bentuk dari dukungan SMF dalam mendorong peningkatan likuiditas bank penyalur KPR, khususnya Bank BTN. 

“Kami berharap refinancing ini dapat memicu para penyalur KPR untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan kredit yang tengah terkena dampak pandemi Covid-19," ujar Ananta dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/7/2020). 

Lebih lanjut Ananta mengatakan bahwa refinancing KPR tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu katalis yang dapat mendorong pertumbuhan kredit perbankan yang sejalan dan beriringan dengan Program Pemerintah dalam memulihkan kondisi ekonomi nasional.

Senada dengan itu Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugraha Mansury mengatakan berharap kerja sama ini dapat menjadi stimulus tambahan dari yang sudah Bank BTN lakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui sektor properti agar 170 lebih industri turutannya ikut bergerak dalam masa pandemi covid-19.

Lebih lanjut Pahala mengatakan bahwa Bank BTN ingin bersama SMF ke depan dapat melakukan kerjasama lagi yang lebih baik dan bermanfaat untuk mendukung pemerintah terutama dalam membantu bagaimana masyarakat punya rumah dari hasil kerjasama BTN dengan SMF.  Kolaborasi Bank BTN dengan SMF terkait pinjaman menurut Pahala sudah berjalan sejak tahun 2011.

Dalam kesempatan yang sama SMF dan Bank BTN juga tengah menjajaki potensi pembiayaan Syariah.

Dengan penyaluran pinjaman sebesar Rp 850 miliar ini, maka total penyaluran pinjaman yang disalurkan oleh SMF kepada BTN baik dalam bentuk refinancing dan FLPP untuk konvensional dan syariah sepanjang di tahun 2020 ini sebesar Rp4,850 triliun.

Rincian pembiayaan tersebut diantaranya sebesar Rp3,850 triliun sebagai refinancing KPR dan Rp 999,5 miliar untuk program KPR FLPP dengan nilai outstanding masing-masing per 14 Juli 2020 adalah sebesar Rp19,164 triliun dan Rp3,222 triliun. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X