5 Bom Aktif yang Ditemukan di Bekasi dan Condet Berdaya Ledak Besar

- Senin, 29 Maret 2021 | 18:59 WIB
Konferensi pers Kapolda Metro Jaya terkait teroris di Polda Metro Jaya, Senin (29/3/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Konferensi pers Kapolda Metro Jaya terkait teroris di Polda Metro Jaya, Senin (29/3/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya membeberkan barang bukti dari penggeledehan lokasi penangkapan terduga teroris di Cikarang, Kabupaten Bekasi dan Condet, Jakarta Timur yang salah satunya merupakan bom aktif. Bom aktif tersebut ternyata memiliki daya ledak yang besar.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan tim Densus 88 mengamankan lima bom aktif di Bekasi dan Jaktim. Kelima bom itu ternyata memiliki daya ledak besar atau high explosive.

"Lima bom aktif yang sudah terkait dalam bentuk kaleng dengan sumbu yang terbuat dari TATP. Ini adalah senyawa kimia yang mudah meledak dan tergolong sebagai high explosive yang sangat sensitif," kata Irjen Fadil dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (29/3/2021).

Kelima bom tersebut juga sudah diledakkan oleh Densus 88. Bom tersebut diledakkan di dua tempat berbeda.

"Oleh sebab itu tim Jibom dari satuan Gegana Polda Metro Jaya memutuskan melaksanakan disposal," beber Fadil.

BACA JUGA: Terungkap 5 Fakta Lukman Sosok Pelaku Bom Bunuh Diri Bersama Istri di Katedral Makassar

Seperti diketahui, pasca insiden bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulsel, Polri menggencarkan pengamanan di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi aksi teroris serupa.

Di ibu kota sendiri, Polri menggeledah dua lokasi berbeda tempat di mana terduga teroris berada. Lokasi pertama ada di Cikarang, Kabupaten Bekasi dan lokasi kedua terletak di Condet, Jakarta Timur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X