Alexander Marwata dan Rafael Alun Seangkatan, KPK Tegaskan Bakal Bersikap Profesional

- Kamis, 16 Maret 2023 | 11:34 WIB
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA)
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespon pernyataan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut adanya potensi benturan kepentingan dalam penyelidikan mantan pejabat Ditjen Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo

Diketahui ICW mengungkapkan bahwa Wakil Ketua KPK Alexander Marwata lulus di tahun yang sama dengan Rafael dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Adapun keduanya lulus tahun 1986. Atas dasar itu, ICW menilai adanya potensi benturan kepentingan. 

"Menanggapi pendapat (ICW) itu, kami tentunya juga sudah sangat paham tentang ketentuan tersebut," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (16/3/2023). 

"Bahwa terkait satu alumni, satu angkatan, bahkan misalnya ada hubungan kekerabatan antara insan KPK dengan pihak yang sedang diusut kasusnya, sering kali terjadi karena kita semua makhluk sosial," imbuhnya. 

Baca Juga: ICW Ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Lulus STAN Bareng Rafael Alun Trisambodo

Ali memastikan, penyelesaian setiap kasus di KPK dilakukan secara profesional dalam sebuah sistem kelembagaan dengan mekanisme yang ketat dan terukur.

"Termasuk ketika pengambilan keputusan, bila ada potensi benturan kepentingan maka setiap insan KPK tersebut paham dan menyatakan bahwa ada hubungan dengan para pihak sehingga tidak ikut dalam suara pengambilan keputusan," ujarnya. 

Ali menekankan, pengambilan keputusan di KPK tidak pernah hanya atas dasar pendapat satu orang saja. Ia memastikan, kerja-kerja KPK selalu dalam bentuk kerja sama tim dan tersistem. Keputusan lima pimpinan KPK diambil secara kolektif kolegial. 

“Artinya setiap keputusan akan dilakukan dengan pendapat masing-masing pimpinan secara bebas. Jadi tidak pernah ditentukan dan diputuskan oleh hanya salah satu pimpinan saja,” tuturnya.

Respons Alex

Sementara itu, Alex membantah soal adanya benturan kepentingan sebagaimana pernyataan ICW. Pasalnya, ia mengklaim tidak memiliki hubungan bisnis dengan Rafael Alun Trisambodo.

“Enggak ada benturan kepentingan. Saya enggak ada hubungan bisnis dengan yang bersangkutan,” kata Alex kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Satu Angkatan di STAN dengan Rafael Alun, Alexander Marwata: Saya Gak Ada Hubungan Bisnis

Alex mengakui mengenal baik Rafael Alun Trisambodo. Namun, kedekatan itu telah disampaikannya dalam rapat yang membahas perkara Rafael di internal KPK.

“Dalam rapat membahas perkara RAT (Rafael Alun Trisambodo) pun sudah saya sampaikan kalau saya kenal baik dengan yang bersangkutan,” ujar Alex. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X