Maksimalkan Teknologi untuk Usaha, Wishnutama: Jangan Sampai Indonesia Jadi Pasar Doang

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:42 WIB
Komisaris Grup Teknologi GoTo Wishnutama Kusubandio (Instagram/wishnutama)
Komisaris Grup Teknologi GoTo Wishnutama Kusubandio (Instagram/wishnutama)

Komisaris Grup Teknologi GoTo Wishnutama Kusubandio berharap Indonesia tidak hanya menjadi target pasar bagi negara lain.

"Dari sisi pasar, Indonesia adalah pasar terbesar nomor dua di dunia karena kalau berbicara China dan Amerika, penguasa pasarnya adalah bangsa mereka sendiri," kata Wishnutama pada Peluncuran #BangkitBersama di Solo Technopark, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, potensi pasar Indonesia sangat besar, sehingga UMKM harus bisa memanfaatkan peluang ini.

"Bangkit Bersama adalah 'enabler' supaya UMKM bisa jadi pilihan utama masyarakat. GoTo akan punya peran mengakselerasi hal tersebut mulai dari pembinaan hingga kemudahan 'go-digital'," lanjutnya.

Wishnutama menambahkan bahwa jenis pekerjaan di dunia akan hilang karena perkembangan teknologi, terutama sejak pandemi Covid-19. Di Indonesia, Wishnutama memprediksi puluhan juta pekerjaan akan hilang.

"Dari riset yang ada, akan ada 800 juta pekerjaan di dunia tergantikan. Di Indonesia 24 juta pekerjaan yang hilang," ujar Wishnutama.

Namun, peluang pekerjaan baru juga akan terbuka lebar, bahkan lebih besar daripada pekerjaan yang hilang. Namun, peluang itu baru bisa dimanfaatkan secara maksimal lewat digitalisasi.

"Akan ada 40 juta pekerjaan opportunity baru, salah satunya UMKM memahami dan melihat opportunity yang baru, terutama karena terakselerasi oleh digitalisasi," tuturnya.

Dengan memanfaatkan peluang besar tersebut, maka Indonesia tidak hanya jadi pasar tetapi juga tuan rumah di negeri sendiri.

"Agar bangsa kita memanfaatkan disrupsi digital ini. Ini jadi hal penting untuk membantu pemerintah bangkit dari pandemi agar menjadi tuan di Negara sendiri," katanya.

"Jangan sampai di tahun 2030 bangsa kita cuma jadi pasar doang, jadi tukang doang, bukan jadi tuan di negeri sendiri. Dan GoTo akan berperan sekuat tenaga agar bangsa kita jadi tuan di negeri kita sendiri," pungkas Wishnutama.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X