Geger Jamaah Jundullah atau Tentara Allah di Bandung Barat, Ketua RW Tak Tahu

- Kamis, 7 Januari 2021 | 12:46 WIB
Penampakan deklarasi tentara Allah di Bandung Barat. (Ist)
Penampakan deklarasi tentara Allah di Bandung Barat. (Ist)

Sekelompok orang baru-baru ini berkumpul di Masjid Allah Sawah, Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Mereka mendeklarasikan diri sebagai kelompok Jundullah atau Tentara Allah.

Video ketika mereka mendeklarasikan diri viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat seorang dari mereka memakai jubah putih, memimpin deklarasi berdiri di depan, dan diikuti oleh orang-orang di belakangnya.

"Audzubillahiminasyaitoniirajim. Bismillahirrahmanirrahim. Ashadualla illaha illallah, waasyhadu anna Muhammadarrasullullah. Deklarasi pembentukan Jundullah, atau tentara Allah, bahwa pada hari ini, Jumat tanggal 17 Jumadil Ula 1442 Hijriah," demikian bunyi deklarasi mereka.

Pemimpin deklarasi diketahui bernama Erwan Sa'ad.  Mereka mendeklarasikan diri pada Jumat (1/1/2021), selepas salat Jumat.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, Erwan diketahui seorang ustaz. Dialah yang mengajak para jamaah itu ikut bersamanya untuk mendeklarasikan diri dan direkam dengan kamera dan disebarkanluaskan.

Ketua RW setempat, Supiyandani mengaku dirinya tidak tahu menahu soal deklarasi tersebut.

Sedangkan menurut kepala desa setempat, Adriawan Burhanudin, deklarasi tersebut tidak ada kaitannya dengan radikalisme. Menurutnya, warga setempat pada dasarnya juga tidak mengerti dengan deklarasi yang disampaikan Erwan Sa'ad.

Kasus ini pun sudah sampai ke telinga pihak Polda Jabar.  Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, bahwa warga hanya sekadar ikut-ikutan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X