The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Isu Tiga Periode Terus Mencuat, Pimpinan MPR: Padahal Jokowi Sudah Tegas Menolak
Presiden RI, Joko Widodo. (photo/Instagram/@jokowi)
News

Isu Tiga Periode Terus Mencuat, Pimpinan MPR: Padahal Jokowi Sudah Tegas Menolak

Minggu, 12 September 2021 14:02 WIB 12 September 2021, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid merasa heran dengan isu Jokowi menjabat tiga periode. Menurutnya, isu itu membuat seolah-olah Jokowi yang ingin memperpanjang masa jabatan.

"Faktanya, ada kelompok kecil dan itu dikenal sebagai pendukung Pak Jokowi yang mengampanyekan tiga periode, dan itu yang menjadi soal menurut saya. Sehingga, tujuannya ke Pak Jokowi padahal Pak Jokowi sudah menjawab bolak-balik," kata Jazilul dalam diskusi daring, Sabtu (11/9).

Untuk itu, ia mengimbau agar semua pihak mendengarkan pernyataan tegas Jokowi yang menolak wacana tiga periode dan menyerahkan kepada konstitusi.

Lagi pula katanya, wacana tiga periode itu tak pernah dibahas MPR RI. Namun isunya terus berkembang liar karena ada kelompok-kelompok yang terus membahasnya.

"Konstitusi kita hari ini tidak pernah dibahas di MPR sama sekali terkait periode masa jabatan presiden. Itu tidak ada satupun fraksi, satupun pembahasan. Nah, tapi ini terus dibahas ya itu tadi karena ada kelompok-kelompok yang menginginkan itu. Nah, di era demokrasi biasa kan, boleh kan ada kelompok yang itu, masa dilarang?" ujarnya.

Meski begitu, dirinya mengaku tidak mempersoalkan adanya aspirasi publik yang menginginkan agar Presiden Jokowi menjabat tiga periode. Namun, jika aspirasi dilakukan dengan jalur inkonstitusional, secara tegas hal tersebut harus dilarang.

"Kalau sekadar wacana saya pikir nggak ada masalah, disampaikan ke institusi yang benar, sampaikan kepada MPR, kalau tidak mau ke MPR secara keseluruhan sampaikan kepada PKB, kita akan pertimbangkan, kan begitu. Namanya wacana, namanya juga wacana yang berkembang di masyarakat," tuturnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US