Akhir Kisah Tim Jaguar Dkk, Dihapus Komjen Fadil Imran dan Diganti!

- Rabu, 14 Juni 2023 | 17:30 WIB
Ilustrasi Tim Jaguar. (Youtube/HumasPolrestroDepok_TeamJaguar).
Ilustrasi Tim Jaguar. (Youtube/HumasPolrestroDepok_TeamJaguar).

Tim patroli kepolisian yang sempat tenar dibeberapa wilayah dengan nama Tim Jaguar, Tim Raimas Backbone dan lain-lain kini dipastikan sudah dihapus. Tim tersebut sudah menjadi satu nama dengan nama Tim Patroli Perintis Presisi.

Hilangnya nama tim tersebut diawali dari kepemimpinan Komjen Pol Fadil Imran sewaktu masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Kala itu, dia menghapus tim-tim di Polres jajarnya.

Polres jajaran Metro Jaya diketahui memiliki tim patroli yang sudah terkenal antara lain Tim Jaguar milik Polres Metro Depok, Tim Raimas Backbone milik Polres Metro Jakarta Timur, Tim Vipers milik Polres Tangerang Selatan, Tim Tiger milik Polres Metro Jakarta Utara, Tim Eagle One milik Polres Metro Jakarta Selatan, Tim Alpha Pus milik Polres Metro Jakarta Pusat dan tim-tim lainnya.

Baca Juga: Kapolda Metro Siapkan 50 Motor Hingga Alutsista Lengkap Untuk Tim Jaguar

Saat itu, Fadil yang masih memegang tongkat komando Polda Metro Jaya mengubah seluruh nama tim tersebut menjadi Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Seluruh polisi yang masuk ke dalam tim tersebut juga diberikan pelatihan-pelatihan.

-
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Fadil Imran. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Dihapus Secara Nasional

Kini, saat menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri dan berpangkat jenderal bintang tiga, Fadil membawa programnya secara nasional. Artinya, seluruh tim-tim dengan nama-nama tersendiri di seluruh Indonesia resmi dihapus pada hari ini.

Tim tersebut diganti, dijadikan satu nama dengan nama Tim Patroli Perintis Presisi.

"Kita laksanakan patroli dengan satu nama yaitu Patroli Perintis Presisi sehingga citra yang baik akan terbangun untuk seluruh Indonesia," kata Komjen Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

"Tidak ada lagi Tim Badik, Tim Viper, Tim Raimas Backbone, Tim Jaguar, Tim Kobra atau Sabhara dengan pola Reserse," sambungnya.

Fadil menekankan pelaksanaan patroli pada tim kali ini tidak berlagak seperti polisi Reserse. Tim mengedepankan pencegahan ketimbang penindakan.

Baca Juga: Kapolda Metro Kembali Tegaskan Tim Jaguar dkk Tak Dibubarkan, Tapi...

"Karena kita patroli seyogyanya merupakan fungsi pencegahan, bukan penindakan. Saya ulangi, kita patroli merupakan fungsi pencegahan, bukan penindakan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X