Gugus Tugas Gandeng Kalbe Farma Luncurkan Laboratorium PCR Tes Corona

- Kamis, 16 April 2020 | 13:50 WIB
Ilustrasi Kalbe Farma. (dok. Kalbe Farma, kalbe.coid)
Ilustrasi Kalbe Farma. (dok. Kalbe Farma, kalbe.coid)

Bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, PT Kalbe Farma meluncurkan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan virus Corona.

"PT Kalbe Farma melalui anak perusahaannya Kalgen Innolab, per tanggal 13 April sudah siap menyediakan layanan service hari ini," ucap Direktur Kalbe Farma Sie Djohan dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Djohan menjelaskan kalau laboratorium tersebut tersedia gold standar untuk pemeriksaan Covid-19 dengan mendeteksi RNA virus Sars-Cov2 yang menjadi standar baku pemerintah Indonesia dan WHO.

"Laboratorium Kalgen Innolab menjadi laboratorium swasta pertama yang mempunyai fasilitas dengan biosafety level 2 +, serta peralatan pemeriksaan dan sumber daya manusia yang terlatih sesuai dengan persyaratan Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Lebih lanjut, Djohan menyebutkan laboratorium dalam pemeriksaan Covid-19, Kalgen Inolab tidak melayani pasien perorangan. Melainkan, hanya menerima sampel dari rumah sakit khususnya rumah sakit rujukan pasien virus corona.

"Pengambilan sampel dari swab, usapan hidung dan tenggorokan akan dilakukan di rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut," terang Dhojan.

Diketahui pula, kapasitas awal di laboratorium Kalgen Innolab akan menyediakan 140 tes per hari, atau sekitat 4.000 tes per bulan, dan akan segera tingkatkan menjadi 8.000 tes per bulan setelah mesin ekstraksi otomatis tiba di Jakarta. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X