Kabar Baik! Jawa Barat Produksi Masker Bedah, Optimis Satu Juta Per Hari

- Kamis, 16 April 2020 | 13:12 WIB
Ridwan Kamil saat mengunjungi tempat produksi masker di Bogor. (Instagram/@ridwankamil)
Ridwan Kamil saat mengunjungi tempat produksi masker di Bogor. (Instagram/@ridwankamil)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan kebutuhan alat pelindung diri (APD) akan tercukupi hingga 4 bulan ke depan.

Hal tersebut karena produsen APD, masker bedah, dan baju hazmat di Bogor, PT Multi One Plus akan meningkatkan produksinya.

Ridwan Kamil juga menargetkan akan memproduksi minimal 1 juta masker per hari. Hal tersebut diungkapkan oleh Ridwan melalui akun Instagram-nya.

"Saya dan Bupati Bogor @ademunawarohyasin meminta produksi dinaikkan minimal 1 juta masker per hari di akhir bulan ini. Agar berlimpah melawan penimbun dan agar harga jadi murah ( Nomahal-mahal club). Dan mereka menyanggupi dengan segera membeli mesin-mesin baru," tulis Ridwan pada captionnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Pada Rabu ini (15/4/2020), Ridwan Kamil sempat meninjau lokasi produksi APD di PT Multi One Plus di Bogor.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga memastikan, Pemprov Jabar akan mengirimkan masker N95 sesuai kebutuhan sebab keterbatasan dan juga urgensi masker N95, khusus bagi tim medis yang menangani langsung pasien COVID-19.

"Pabrik ini tadi dilaporkan memproduksi masker bedah sehari 250.000 dan itu sudah habis dipesan oleh institusi kenegaraan, termasuk pemerintah daerah. Janjinya, akhir April dinaikkan satu juta pcs produksi dan mungkin nanti dua juta," ujarnya.

"Yang pasti Jawa Barat setiap hari mengirim N95 juga, sesuai pengajuan lewat aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar). Itu memang khusus untuk mereka-mereka yang menangani langsung ke pasien," katanya.

Ridwan Kamil juga mengatakan, jika kebutuhan masker di Jawa Barat dan Provinsi lainnya telah terpenuhi, pihaknya akan mengekspor masker ke luar Indonesia.

-
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) didampingi Bupati Bogor Ade Yasin (tengah) melihat produksi pembuatan masker medis di PT Multi One Plus (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

"Jika Kab Bogor cukup, lanjut Jawa Barat cukup, lanjut kirim ke provinsi lain se Indonesia agar cukup, baru setelah itu baru boleh ekspor menolong negara lain. Dengan inovasi dan kerja bersama, Insya Allah #KitaPastiMenang," kata Ridwan Kamil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X