Virus Korona Mengancam, Begini Kondisi 243 WNI di Wuhan

- Senin, 27 Januari 2020 | 16:29 WIB
Suasana Kota Wuhan di Tiongkok setelah merebaknya virus korona. (REUTERS/Stringer)
Suasana Kota Wuhan di Tiongkok setelah merebaknya virus korona. (REUTERS/Stringer)

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membeberkan kondisi 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Saat ini, para WNI itu dalam kondisi sehat. 

Direktur Jendral Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya, mengatakan, mayoritas WNI di Wuhan berstatus mahasiswa. Dia memastikan tak ada satu pun yang terpapar virus korona

"Saat ini seluruh WNI itu dalam keadaan baik, sehat. Kami terus berkomunikasi," kata Desra dalam rapat koordinasi di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Ia mengungkap, belum berencana melakukan evakuasi terhadap WNI di Tiongkok, khususnya di wilayah Wuhan. Para WNI tersebut, lanjutnya, memiliki tubuh dan sistem imun yang kuat, sehingga tidak mudah terpapar virus. 

"Mungkin yang membuat tenang, tidak ada satu wilayah pun di dunia yang melarang turis Tiongkok untuk masuk ke negaranya," pungkasnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, hingga per tanggal 26 Januari 2020, 2.014 orang positif terjangkit virus korona. Dari jumlah tersebut, 56 di antaranya meninggal dunia.

Saat ini, virus mematikan itu sudah menyebar ke beberapa negara. Sejumlah kasus virus korona yang terjadi di luar Tiongkok, rata-rata menimpa mereka yang baru pulang dari Wuhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X