Usut Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM Kumpulkan Video hingga Voice Note

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:25 WIB
Seorang suporter Arema FC (Aremania) membawa bunga di depan Stadion Kanjuruhan, Malang, jawa Timur, Minggu (2/10/2022). (ANTARA/Zabur Karuru)
Seorang suporter Arema FC (Aremania) membawa bunga di depan Stadion Kanjuruhan, Malang, jawa Timur, Minggu (2/10/2022). (ANTARA/Zabur Karuru)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal menurunkan tim penyelidikan dan pemantauan terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. Rencananya esok hari Komnas HAM akan berangkat ke sana.

"Kami insya Allah besok tim dari pemantauan dan penyelidikan sudah berada di Malang," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, minggu (2/10/2022).

Anam berucap bahwa Komnas HAM sudah berkoodinasi dengan beberapa keluarga korban dan beberapa Aremania--Suporter Arema--untuk menggali keterangan perihal kejadian di Stadion Kanjuruhan.

"Sudah bikim komitmen dengan beberapa keluarga korban, dengan beberapa teman Aremania untuk bisa bertemu dan memberikan keterangan langsung kepada Komnas HAM," jelasnya.

BACA JUGA: Penyimpanan Jenazah di RS Malang Terbatas, Polisi Lakukan Indentifikasi Secara Cepat

Dia jiga berkata bilamana Komnas HAM turut mengantongi beberapa data dan fakta untuk menjadi bekal bagi Komnas HAM saat turun ke lapangan guna menginvestigasi tragedi berdarah.

"Kami mendapatkan beberapa keterangan, fakta, termasuk juga berbagai video, voice note, dan ini bekal bagi kami untuk turun ke lapangan besok. Jadi kami, tim akan turun ke Malang insya Allah besok sudah sampai Malang," beber dia.

Selain itu Anam berucap pihaknya sedang mendalami regulasi penyelenggaraan sepak bola dari FIFA ataupun PSSI.

"Kami juga sedang mendalami terkait regulasi khususnya dari FIFA dan PSSI untuk nanti kami sandingkan fakta-fakta yang kami dapatkan dengan regulasi yang ada," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X