Bank Indonesia: Cadangan Devisa Juni 2020 Meningkat

- Kamis, 9 Juli 2020 | 11:13 WIB
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. (Instagram/@bankindonesia)
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. (Instagram/@bankindonesia)

Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia pada Juni 2020  meningkat jika dibandingkan sebulan sebelumnya. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi peningkatan devisa ini.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2020 sebesar 131,7 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi akhir Mei 2020 sebesar 130,5 miliar dolar AS," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Onny menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,4 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Peningkatan cadangan devisa pada Juni 2020 terutama dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global pemerintah, ujarnya.

Menurut dia, BI memandang cadangan devisa tetap memadai karena didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X