The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkunjung ke AS, Menlu Retno Perkuat Kerja Sama Ketahanan Kesehatan
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Bio Farma dengan Google Health sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. (photo/ANTARA/dok.Kemenlu RI)
News

Berkunjung ke AS, Menlu Retno Perkuat Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

Sabtu, 18 September 2021 19:53 WIB 18 September 2021, 19:53 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Luar Negeri  (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Los Angeles dan Houston, Amerika Serikat (AS), pada 16-17 September 2021 untuk memperkuat kerja sama ketahanan kesehatan.

"Selama pandemi, dari sejak awal, tim Kemlu, Kemeneg BUMN, dan Kemkes terus bekerja bersama, bekerja bareng untuk penanganan pandemi. Kerja bareng kita juga mulai kita lakukan untuk melangkah pada upaya memperkuat ketahanan kesehatan jangka menengah dan panjang antara lain terkait upaya memproduksi vaksin di dalam negeri," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers secara virtual dari Houston, Texas, Sabtu (18/9) dikutip dari ANTARA. 

Dalam kunjungan ke Los Angeles itu,  dia melakukan pertemuan dengan Dynavax. Dynavax adalah produsen salah satu adjuvant  terbaik di dunia.  Adjuvant adalah zat yang dimasukkan ke dalam vaksin untuk memperkuat keampuhannya. 

"Sebagaimana diketahui, salah satu BUMN Indonesia di bidang farmasi, yaitu Bio Farma, tengah melakukan kerja sama pengembangan vaksin dengan Baylor College of Medicine dengan menggunakan platform protein rekombinan," kata dia.

Baca juga: Atta Halilintar Laporkan Savas Fresh Lantaran Habis Kesabaran Keluarganya Difitnah

Menlu Retno mengatakan, kerja sama antara Bio Farma dengan Dynavax adalah dalam rangka untuk membangun kemandirian vaksin.

"Pertemuan ditutup dengan penandatanganan kerja sama Bio Farma dengan Dynavax Technologies untuk memperkuat kerja sama dan studi pengembangan vaksin BF-BCM," kata dia.

Ke depannya, Bio Farma dan Dynavax secara bersama-sama dapat mengembangkan vaksin mandiri platform protein rekombinan.

Pertemuan kedua adalah BioFarma dengan Google Health. Dalam penjajakan ini, kata dia, telah ditandatangani dua nota kesepahaman atau MoU.

"MoU pertama merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui solusi teknologi digital, dan yang kedua untuk mendukung konsep digital and wellness corner” pada 20-50 apotek milik BUMN di Indonesia," ungkap Menlu Retno.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US