Namanya Sama dengan Terduga Korupsi, Rekening Penjual Burung Diblokir, Ini Penjelasan KPK

- Minggu, 29 Januari 2023 | 10:10 WIB
Logo KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Logo KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak pernah meminta pihak Bank Central Asia (BCA) untuk memblokir rekening milik Ilham Wahyudi, yang berprofesi sebagai penjual burung asal Pamekasan, Jawa Timur (Jatim). 

"Kami tegaskan kembali, KPK sama sekali tidak pernah ajukan permintaan blokir rekening atas nama penjual burung dimaksud," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Minggu (29/1/2023). 

Baca Juga: KPK Klaim Tak Paksakan Penyelidikan Kasus Formula E Naik ke Tahap Penyidikan

Adapun KPK, kata Ali, mengajukan pemblokiran terhadap rekening milik Ilham Wahyudi yang merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap terkait alokasi dana hibah Pemprov Jatim, bukan rekening penjual burung. 

“KPK ajukan pemblokiran rekening bank milik tersangka KPK yang bernama IW (Ilham Wahyudi) dalam perkara dugaan korupsi suap di Jatim,” tutur Ali. 

Ali memastikan, pihaknya telah mengirimkan data lengkap kepada BCA untuk memblokir rekening tersangka Ilham Wahyudi. Namun, terjadi kesalahan blokir lantaran adanya kesamaan nama dan tanggal lahir keduanya. 

“Kami pastikan setiap permintaan pemblokiran rekening kami sampaikan data lengkap sebagai kebutuhan proses penyidikan dan kami juga lakukan sesuai prosedur hukum berlaku,” ungkap Ali.

Baca Juga: KPK Tahan Eks Panglima GAM Izil Azhar Terkait Kasus Dugaan Terima Gratifikasi

Sebelumnya, rekening bank BCA milik penjual burung di Pamekasan, Ilham Wahyudi diblokir lantaran diduga terkait kasus dugaan suap dana hibah di Jawa Timur (Jatim). Pemblokiran tersebut sempat diprotes karena penjual burung mengaku tidak terlibat dengan perkara tersebut.

Ali membenarkan bahwa pedagang burung itu tidak terlibat dengan kasus yang tengah di usut KPK. Adapun pemblokiran karena kesalahan dari pihak bank.

"Informasi yang kami peroleh, nama dan tanggal lahir yang bersangkutan kebetulan sama dengan nama tersangka KPK yang diajukan permintaan pemblokiran. Data pembedanya ada pada alamatnya," kata Ali melalui keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X