Wapres Sebut Pemilu 2024 Jadi Ajang Lahirnya Pemimpin Transformatif

- Selasa, 13 Juni 2023 | 15:22 WIB
 Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Dialog Kebangsaan bersama diaspora Indonesia di Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/6/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Dialog Kebangsaan bersama diaspora Indonesia di Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/6/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan Pemilu 2024 harus diletakkan sebagai proses lahirnya pemimpin-pemimpin transformatif.

Pernyataan itu disampaikan Wapres saat jadi pembicara kunci di acara  Dialog Kebangsaan Indonesia bersama diaspora asal Indonesia, di sela kunjungan kerja, di Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/6/2023).

"Proses Pemilu dan Pilkada tahun 2024, harus diletakkan sebagai proses lahirnya pemimpin-pemimpin transformatif yang akan mengelola proses pembuatan kebijakan negara, baik di level nasional maupun daerah," kata Wapres di Tashkent, Uzbekistan, Selasa.

Baca Juga: Prestasi Olahraga Meningkat Setahun Terakhir, Wapres Maruf Amin Bangga

Visi Indonesia Emas yang berdaulat, maju, adil, dan makmur di tahun 2045 disampaikan oleh Wakil Presiden.

Ia menekankan bahwa visi ini hanya dapat tercapai jika Indonesia memiliki pemimpin yang transformatif, yaitu pemimpin yang terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

"Pemimpin transformatif, bukan hanya pemimpin yang baik, tetapi juga terus melakukan perbaikan. Bukan hanya pemimpin yang saleh tetapi juga muslih, atau yang melakukan perbaikan-perbaikan, demi tercapainya transformasi yang berkesinambungan," ujar Wapres.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Resmikan Masjid Istiqlal Osaka di Jepang, Ini Harapannya

Selain itu, menurutnya, pemimpin transformatif juga harus mampu menjaga komitmen terhadap kebangsaan yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa, seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X