Ingin Pulihkan Ekonomi Nasional, Wapres Maruf Amin Minta Pihak Terkait Fokus Hal Ini

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 22:13 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok. Setkab)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok. Setkab)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong para pihak terkait agar berfokus pada strategi dan kebijakan investasi untuk pemulihan ekonomi nasional

“Para Pimpinan Kementerian/Lembaga, Kepala Daerah, serta pemangku kebijakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB). Bapak/Ibu adalah ujung tombak jangkar investasi dan pendorong percepatan pemulihan ekonomi,” kata Wapres Maruf dalam acara Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022, Rabu (12/10/2022).

Menurut Wapres Maruf, investasi tidak hanya sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia tetapi juga dapat mendorong keberlanjutan pembangunan hingga mewujudkan demokrasi ekonomi.

“Investasi menjadi urusan vital sebab keberadaannya dapat menopang keberlanjutan pembangunan, menciptakan nilai tambah, mendorong keadilan ekonomi, dan bahkan membantu mewujudkan demokrasi ekonomi,” tutur Wapres Maruf

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: Tahun 2023 Diprediksi Jadi Tahun Sulit untuk Ekonomi Global

Lebih lanjut, Wapres Maruf meminta Kementerian Investasi/BKPM agar segera menuntaskan berbagai masalah kelembagaan dan regulasi yang menghambat. Kemudian, berkonsentrasi pada sektor prioritas yang menjadi keunggulan masing-masing daerah. 

“Selanjutnya, arahkan sektor-sektor prioritas dari masing-masing daerah tersebut untuk mendukung target hilirisasi ekonomi,” ujar Wapres Maruf.

Kemudian, Wapres Maruf meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas, Kementerian Investasi/BKPM dan Pemerintah Daerah membuat peta potensi investasi daerah secara komprehensif. 

Menurut Wapres Maruf, peta potensi ini penting sebagai panduan teknis, informasi, dan promosi bagi para investor. Tak hanya itu, Wapres Maruf juga meminta penguatan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk investasi. 

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Asean Para Games 2022 Istimewa, Sumber Inspirasi Makna Kesetaraan

Oleh karenanya, Wapres Maruf mendorong agar kepala daerah bisa mendukung penguatan kelembagaan, SDM dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

“Tujuannya tidak lain agar dapat menjadi garda terdepan dan motor penggerak kemudahan berusaha di daerah melalui pemberian izin yang transparan, mudah, cepat, dan murah,” tandas Wapres Maruf.

Terakhir, Wapres Maruf mengharapkan adanya pemeretaan investasi. Sebab, kata Wapres Maruf, investasi harus bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, semua wilayah, dan melibatkan pekerja lokal. 

“Pemerataan investasi menjadi kata kunci pencapaian kemakmuran bersama,” pungkasnya. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X