Antisipasi Permasalahan, Kemenag Evaluasi Pelaksanaan Umrah di Masa Pandemi

- Selasa, 17 November 2020 | 20:22 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman di Jakarta. (Photo/ANTARA/Kementerian Agama)
Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman di Jakarta. (Photo/ANTARA/Kementerian Agama)

Demi mengidentifikasi dan mengantisipasi permasalahan yang terjadi selama jamaah berada di Tanah Suci ketika umrah di masa pandemi, Kementerian Agama (Kemenag) terus mengevaluasi pelaksanaan umrah uji coba yang dilaksanakan di Arab Saudi.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman dalam hal ini menjelaskan bahwa tim Kemenag sudah ke Arab Saudi untuk melakukan pengawasan dan meminta penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk melakukan persiapan secara lebih komprehensif.

"PPIU yang akan memberangkatkan jamaah umrah pada masa pandemi COVID-19 harus mempersiapkan jamaahnya. Kuncinya edukasi. Jadi PPIU harus memberikan edukasi secara intensif dan terperinci terkait prosedur pelaksanaan ibadah umrah saat pandemi," kata dia, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (17/11/2020).

Selain itu, Oman juga mengatakan bahwa tim yang dipimpinnya berangkat ke Saudi merupakan utusan Menteri Agama Fachrul Razi. Tim tersebut bertugas untuk memastikan kelancaran, koordinasi dan pengawasan pelaksanaan umrah di masa pandemi.

Baca juga: Kemenag Sebut Pemerintah Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia

Oman mengimbau PPIU untuk selalu mendidik dan menyosialisasikan pada jamaah sebelum berangkat mengenai protokol kesehatan, termasuk diberi pemahaman soal situasi dan kondisi di Arab Saudi.

"Protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan secara disiplin dan ketat untuk memastikan jemaah tetap sehat dan tidak terpapar COVID-19. Jika ada satu jamaah saja yang kedapatan positif COVID-19, apalagi saat sudah berada di Saudi, maka akan berdampak pada jamaah lainnya yang berangkat dalam satu rombongan" katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X