The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anies Baswedan: 100 Bus Listrik Transjakarta akan Beroperasi Tahun Ini
Bus listrik. (ANTARA/Juwita Trisna Rahayu)
News

Anies Baswedan: 100 Bus Listrik Transjakarta akan Beroperasi Tahun Ini

Pertama di Indonesia.

Rabu, 17 Maret 2021 18:33 WIB 17 Maret 2021, 18:33 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengubah transportasi umum di Ibu Kota yang semula berbasis kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaran berbasis listrik.

Rencana itu dibuktikan Anies Baswedan pengoperasian 100 armada bus listrik oleh PT Transportasi Jakarta yang sudah dimulai 2021 ini. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi masalah polusi udara.

"DKI Jakarta sendiri, kita berencana tahun ini mulai dengan 100 unit transjakarta yang menggunakan tenaga listrik," ucap Anies dalam dalam diskusi virtual bersama wartawan Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Pasalnya menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, salah satu untuk menekan polusi udara adalah dengan laju emisi yang terdapat pada kendaraan dengan bahan bakar minyak.

"Alhamdulillah, transportasi listrik menjadi salah satu solusi yang layak untuk dibahas, dipertimbangkan, dan kita semua sedang menuju kepada model transportasi bebas emisi, salah satunya berbasis listrik," terangnya.

Mengenai hal itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya), Doddy Pangaribuan memastikan pasokan listrik di Ibu Kota yang tersedia sekarang ini sanggup mengakomodir penggunaan bus listrik di Jakarta.

PLN UID Disjaya, selama ini memasok aliran listrik dengan kapasitas 10.301 megawatt di Jakarta. Ia mencatat, kebutuhan listrik Ibu Kota saat kondisi normal hanya 4.300 yang disalurkan melalui 59 gardu induk.

Oleh sebab itu, Doddy menyebut pihaknya masih masih punya cadangan pemasokan listrik sebesar 150 persen dari total kebutuhan Jakarta.

"Artinya, kita masih punya cadangan listrik yang cukup melayani tambahan kebutuhan listrik termasuk kebutuhan listrik untuk kendaraan listrik," terang Doddy dalam diskusi virtual tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US