Pandji Pragiwaksono Jadi Trending Topic, Sebut NU dan Muhammadiyah Jauh dari Masyarakat

- Kamis, 21 Januari 2021 | 09:17 WIB
Komika Pandji Pragiwaksono (Instagram/pandji.pragiwaksono)
Komika Pandji Pragiwaksono (Instagram/pandji.pragiwaksono)

Nama komika Pandji Pragiwaksono menjadi trending topic di Twitter karena mengatakan bahwa NU dan Muhammadiyah jauh dari masyarakat.

Hal ini dia sampaikan saat berbincang dengan dua orang mantan anggota FPI di kanal YouTubenya. Menurut Pandji, membubarkan FPI bukanlah langkah yang tepat.

Pandji menambahkan bahwa FPI memiliki banyak simpatisan di kalangan masyarakat bawah. Hal ini disebabkan oleh FPI yang sering memberikan bantuan, berdasarkan penjelasan dari Sosiolog Thamrin Amal Tomagola kepada Pandji.

“FPI itu dekat dengan masyarakat. ini gue dengar dari Pak Thamrin Tomagola, dulu tahun 2012, kalau misalnya ada anak mau masuk di sebuah sekolah, kemudian ga bisa masuk, itu biasanya orang tuanya datangi FPI minta surat. Dibikinin surat ke FPI, dibawa ke sekolah, itu anak bisa masuk, terlepas dari isi surat itu menakutkan atau tidak, tapi nolong warga gitu,” ujar Pandji, dilihat oleh INDOZONE, Kamis (21/1/2021).

Hal ini menyebabkan FPI disukai masyarakat bawah, berbeda dengan elit dari ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang menurutnya jauh dari masyarakat

“FPI itu hadir gara-gara dua ormas besar Islam jauh dari rakyat. Mereka elit-elit politik. Sementara FPI itu dekat. Kalau ada yang sakit, ada warga yang sakit mau berobat, ga punya duit, ke FPI, kadang-kadang FPI ngasih duit, kadang FPI ngasih surat. suratnya dibawa ke dokter jadi diterima,” ungkap Pandji. 

Pandji melanjutkan kutipan Tamrin Tomagola bahwa ulama dari FPI selalu terbuka membantu warga yang kesusahan. Sementara ulama dari NU dan Muhammadiyah terlalu tinggi dan elitis.

“Kata Pak Tamrin Tomagola, pintu rumahnya ulama-ulama FPI kebuka untuk warga, jadi orang kalau mau datang bisa. Nah, yang NU dan Muhammadiyah yang terlalu tinggi dan elitis, warga tuh ngga kesitu, warga justru ke FPI. Makanya mereka pada pro FPI, karena FPI ada ketika mereka butuhkan,” kata Pandji

Karena itulah, menurut Pandji percuma membubarkan ormas yang dikenal membantu masyarakat jika masalah sosial tidak kunjung diselesaikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X