FOTO: Protes Terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise

- Selasa, 9 Februari 2021 | 12:28 WIB
Petugas polisi menahan seorang pria selama protes terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
Petugas polisi menahan seorang pria selama protes terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)

Oposisi Haiti pada Senin (8/2) meningkatkan krisis konstitusional dengan menunjuk seorang hakim sebagai pemimpin sementara negara Karibia di tengah perselisihan mengenai kapan masa jabatan Presiden Jovenel Moise berakhir.

Ketegangan politik diperburuk pada hari Minggu ketika Moise menuduh ada upaya untuk menggulingkan pemerintah dan 23 orang ditangkap, termasuk seorang hakim Mahkamah Agung dan petugas polisi senior.

Pihak oposisi membantah melakukan kudeta dan mengatakan Moise seharusnya mundur pada 7 Februari ketika masa jabatan lima tahunnya berakhir.

Hakim Joseph Mecene Jean Louis, 72, mengatakan dalam pesan video bahwa dia telah dipilih oleh oposisi untuk menggantikan Moise, yang dituduh oposisi sebagai otoriter dan membuat krisis ekonomi.

"Saya menyatakan menerima pilihan oposisi dan masyarakat sipil untuk dapat melayani negara saya sebagai presiden sementara," kata Jean Louis. 

-
Seorang pria mencoba membuka kunci sepeda motornya sambil berdiri di atas awan gas air mata selama protes (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Demonstran berdebat dengan polisi (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Seorang pria memegang foto Hakim Mahkamah Agung Joseph Mecene Jean-Louis selama protes (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Seorang petugas polisi membidik para demonstran (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Seorang demonstran mencoba mengambil senapan seorang petugas polisi (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Demonstran berkumpul di belakang barikade yang terbakar selama protes (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)
-
Para pengunjuk rasa berdebat dengan polisi setelah mereka menahan seorang pria selama protes (REUTERS/Jeanty Junior Augustin)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X