Ganjar Bakal Gencarkan Operasi Pasar di Jateng untuk Stabilkan Harga Komoditas

- Senin, 13 Februari 2023 | 16:38 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan dirinya mempunyai dua hal yang menjadi perhatian utamanya saat ini. Adapun keduanya adalah mengenai harga beras dan minyak goreng khususnya di wilayah Jateng.

Ganjar mengatakan, hal ini sudah dirapatkan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Di mana sekarang tugas para Kepala Daerah yakni menjaga pasokan beras dan minyak goreng agar harga tidak melonjak.

"Dua komoditas ini menjadi perhatian utama kita. Tadi sudah dipimpin oleh Pak Mendagri untuk kita dorong, maka tugasnya sekarang ya sudah, pasokannya terjaga, barangnya ada, itu yang menjadi target utama," ucap Ganjar kepada wartawan dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ingin Semua Stakeholder di Jateng Matangkan Persiapan Pemilu 2024

Lebih lanjut, Ganjar mengaku mempunyai jurus jitu dengan menggencarkan operasi pasar untuk memastikan harga beras dan minyak di pasaran mengalami penurunan, sehingga bisa dijangkau masyarakat.

Dirinya telah mengecek harga dua komoditas tersebut di Pasar Sampangan Baru. Dalam tinjauannya itu, Ganjar masih menemukan adanya kenaikan harga beras dan minyak di sejumlah pedagang.

"Ternyata kalau ada bakul-bakul itu hanya ada satu box kecil sekali, dan sehari rata-rata habis dan itu pun harganya tidak ada yang di bawah 14 (ribu), di atas Rp 14 ribu. Beras juga demikian," kata Ganjar.

Terkait beras, Ganjar telah meninjau lahan padi di Kabupaten Batang beberapa hari lalu. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memastikan panen padi di Jateng sudah dimulai, sehingga stok beras dipastikan aman.

"Maka mudah-mudahan secara psikologis ini juga akan menunjukkan kepada publik bahwa kita siap panen. Harga panen beras di tingkat petani Harga Pokok Penjual-nya bagus, di atas Rp5.400an, maka ini petani bagus. Maka BULOG Menyerap," tutur Ganjar.

"Nanti sudah di bawah HPP-nya, maka kita harapkan BULOG segera ambil alih, maka ini kita berikan kesempatan  petani biar tersenyum untuk bisa mendapatkan harga yang terbaik," sambungnya.

Baca Juga: Ganjar Pede Inflasi di Jateng Bakal Terkendali, Ini Penyebabnya!

Sementara terkait minyak, Ganjar akan mengirimkan supply Minyakita untuk menghadirkan ketersediaan stok di pasaran. Ganjar berharap, penurunan harga kedua komoditas ini mampu menekan angka inflasi.

"Minyakita besok akan kita kirim, tadi baru kita cek," pungkas Ganjar.

Sebagai informasi, angka inflasi di Jateng terus mengalami penurunan. Per Desember 2022, angka inflasi Jateng berada di kisaran 5,63 persen.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X