Ganjar Pede Inflasi di Jateng Bakal Terkendali, Ini Penyebabnya!

- Minggu, 12 Februari 2023 | 02:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Instagram/@humas.jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Instagram/@humas.jateng)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan stok beras tersedia dan inflasi terkendali khususnya di wilayah Jateng. Dia pun bahkan meninjau langsung panen padi di Desa Krengseng, Gringsing, Kabupaten Batang.

Ganjar berucap kondisi tersebut akan membuat harga beras di pasaran semakin turun. Terlebih lagi, kata Ganjar, sejumlah daerah sudah akan memulai panen raya, salah satunya Kebumen.

"Maka dalam konteks inflasi mestinya ini sudah mulai bisa terkendali. Ini yang ada dan kita mau sampaikan saja kepada publik bahwa panen sudah mulai berjalan dan ini akan menggelinding makin gede, makin banyak, sehingga bisa menurunkan harga," kata Ganjar dalam siaran persnya, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga: Gandeng Bulog, Ganjar Ingin Ketersediaan Beras di Jateng Aman

Ganjar meminta seluruh stakeholder yang terlibat untuk tetap memperhatikan kondisi petani. Meskipun nantinya harga beras turun, Ganjar menyebut petani juga mesti mendapat untung.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyerap hasil panen petani di Jateng. Sehingga, Ganjar menyebut petani bisa sejahtera di samping terciptanya stabilitas harga beras di pasaran.

Ganjar bersama BULOG juga telah menyebar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk memastikan stok beras di Jateng aman. Saat ini, sudah 17,5 ribu ton beras CBP sudah disebar untuk operasi pasar dan lainnya.

"Maka ini serapannya biar lebih cepat ini teman-teman dari BULOG juga siap, agar stabilisasi harga bisa dilakukan," urai Ganjar.

Baca Juga: Papua Diguncang Gempa, Ganjar Siap Kirimkan Bantuan dari Jawa Tengah

Sebelumnya diberitakan, Ganjar akan mengontrol hasil panen untuk mengantisipasi kenaikan harga beras di Jateng. Di daerah-daerah yang akan didatangi, Ganjar ingin memastikan hasil panen bagus dan supply distribusinya lancar.

"Maka saya mau cek beberapa daerah yang sudah panen, apakah ini terkait dengan supply atau dengan yang lainnya," kata Ganjar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X