Soal Temuan Drone Seaglider di Selayar, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Bilang Begini

- Selasa, 5 Januari 2021 | 20:23 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah saat meninjau lokasi penyimpanan vaksin COVID-19 di Kantor Dinkes Sulawesi di Makassar, Selasa (5/12/2021). (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel)
Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah saat meninjau lokasi penyimpanan vaksin COVID-19 di Kantor Dinkes Sulawesi di Makassar, Selasa (5/12/2021). (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel)

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah merespons penemuan drone berjenis seaglider oleh nelayan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dia pun menjelaskan, kronologinya.

"Saya mau sampaikan, awalnya itu ditemukan oleh nelayan, terus diserahkan ke Angkatan Laut," kata Nurdin Abdullah usai meninjau penyimpanan vaksin Covid-19 dikutip Antara, Selasa (5/1/2021).

Dia menjelaskan, Seaglider yang ditemukan itu telah diserahkan ke Lantamal VI Makassar untuk dikaji dan diteliti. Dia mempertanyakan, apa tujuan seaglider ini dan siapa pihak yang menempatkan di perairan Kepulauan Selayar.

-
Nelayan dan TNI Sulsel menemukan drone laut (Instagram/@infokomando)

 

Menurut Nurdin, drone jenis seaglider kerap dipergunakan untuk penelitian oceanografi atau ilmu tentang samudra/ lautan.

"Pertanyaannya, ini murni untuk penelitian atau ada tujuan-tujuan tertentu, ini juga belum kita tahu. Kedua, siapa yang menempatkan kita juga belum tahu, jadi kita tidak boleh menuduh dulu. Kita tunggu sampai kajian ini selesai," sebutnya.

Dia menegaskan, seaglider ini setelah diteliti dan dibandingkan, produknya mirip dengan buatan China.

"Ini ada kemiripan dengan produk China, tetapi kita belum bisa menuduh bahwa ini yang meletakkan China, kita belum tahu. Apakah orientasi penelitian dan sebagainya," ungkap dia.

Nurdi mengaku, Pemerintah Provinsi Sulsel terkait hal ini belum melayangkan surat protes ke pihak manapun.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X