Menag Fachrul Razi: Selamat Natal Umat Kristiani Indonesia

- Selasa, 24 Desember 2019 | 14:52 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengucapkan selamat Natal untuk umat Nasrani Indonesia (Antara/Reno Esnir).
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengucapkan selamat Natal untuk umat Nasrani Indonesia (Antara/Reno Esnir).

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengucapkan selamat Natal 2019 untuk umat Nasrani Tanah Air. Fachrul menegaskan toleransi dan tenggang rasa adalah kata kunci dari praktik moderasi dan kerukunan beragama di Indonesia.

"Saya Menteri Agama RI atas nama pemerintah maupun pribadi mengucapkan selamat merayakan Natal 25 desember 2019 kepada segenap umat kristiani Indonesia. Semoga damai suka cita kebahagian Natal senantiasa menyertai sodara dan membangkitkan semangat mewujudkan kehidupan penuh damai dan bersahabat," kata Fachrul Razi melalui video ucapan Natal yang beredar di dunia maya, Selasa (24/12).

Fachrul Razi menilai Natal kali ini mengusung tema "Hiduplah sebagai Sahabat untuk Semua Orang". Menurutnya, perlu semua masyarakat pahami arti penting dari peringatan (Natal 2019) yang secara prinsip mengajarkan tentang kebaikan, kesederhanaan, perhatian pada kaum lemah, serta membantu pada sesama.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristius yang diimani umat Kristiani merupakan pembimbing moral umat pemeluknya untuk kehidupan damai dan sejahtera," ucapnya

Fachrul Razi mengatakan melalui semangat Natal 2019, hendaknya kaum Nasrani mengambil hikmah membangun kebersamaan, saling pengertian. dan hidup harmoins dalam rumah besar Indonesia.

"Agama adalah sumber dari semua kebaikan dan bukan sebaliknya sebagai sumber kekerasan. Apabila ternyata ada konflik dan kekerasan yang mengatasnamakan agama, pastilah itu karena kekurangpahaman terhadap ajaran agama," jelasnya.

Lebih lanjut, Fachrul Razi mengungkapkan Tuhan menurunkan kitab-kitab suci melalui Nabi dan Rasul terpilih untuk menjadi pedoman dan panduan umatnya dalam mengamalkan nilai kebaikan dalam kehidupan bersama.

"Kesempatan ini saya berpesan agar memberi kemudahan bagi pemeluk agama apapun untuk menjalankan ibadahnya dengan tenang, sudah menjadi budaya Indonesia sejak lama. Sebaliknya, bertenggang rasa untuk tidak melaksanakan sukacita secara berlebihan menjadi bagian budaya bangsa yang selalu kita pedomani," tutur Fachrul Razi.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X