The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sahur Bisa Jadi Momen Tingkatkan Bonding Bersama Anak Lho!
Ilustrasi anak makan. (Pexels/Elly Fairytale)
Life

Sahur Bisa Jadi Momen Tingkatkan Bonding Bersama Anak Lho!

Begini caranya.

Rabu, 07 April 2021 19:30 WIB 07 April 2021, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa hari lagi memasuki bulan Ramadan. Bagi bunda yang memiliki anak kecil, ini saatnya mengajak mereka untuk belajar menjalankan ibadah puasa.

Selain untuk menjalankan perintah agama, ternyata momen puasa di bulan Ramadan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ikatan dengan si kecil lho. Contohnya saat sahur.

"Kebersamaan keluarga bisa didapat melalui bonding time, yang tidak seharusnya hanya sekali dilakukan. Namun sebaiknya dilakukan secara teratur walaupun dalam waktu singkat, bahkan tujuh menit pun cukup, karena yang lebih penting adalah kualitasnya," kata psikolog Ayoe Sutomo dalam webinar, Rabu (7/4/2021).

Dalam webinar Momen Nutella, Ayoe mengatakan membangun ikatan dengan keluarga, terutama si kecil dapat dilakukan saat sahur maupun dalam proses menyiapkan hidangan keluarga. Dengan rutin melakukan hal tersebut, ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun rencana, mengembangkan kemampuan emosional, kognitif, dan motorik.

"Kita bisa bilang ke si kecil bahwa kita akan mempersiapkan santapan yang spesial untuk sahur keesokan harinya, untuk membuat anak-anak lebih semangat bangun pagi. Kita juga bisa libatkan mereka dalam proses persiapan santapan tersebut, atau menata meja makan, dan dengan demikian meningkatkan kemampuan mereka secara emosional, kognitif, dan motorik," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, celebrity chef Devina Hermawan mengatakan mempersiapkan santapan pertama di pagi hari, terutama sahur bisa dibilang repot. Karena itu, ia menyarankan untuk menyiapkan makanan yang praktis untuk diolah.

BACA JUGA: Inspirasi Ucapan Menyambut Ramadhan 1442 H Tahun 2021

Devina menyebut menu seperti banana nuggets dan fried bread bisa jadi pilihan. Menu-menu tersebut dapat disiapkan dalam waktu 7 menit saja, sehingga tidak membuat bunda terburu-buru. Dua menu tersebut bersama menu-menu lainnya akan diunggah Devina di Youtube-nya pada 14 April 2021.

"Resep-resep ini begitu praktisnya sehingga akan ada lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan bahkan anak-anak juga bisa ikut mempersiapkan," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US