The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lakukan Hal Ini Agar Amarahmu Tak Berdampak Buruk Bagi Orang Lain
Ilustrasi emosi. (Freepik)
Life

Lakukan Hal Ini Agar Amarahmu Tak Berdampak Buruk Bagi Orang Lain

Apa saja?

Minggu, 05 Juli 2020 09:28 WIB 05 Juli 2020, 09:28 WIB

INDOZONE.ID - Meski tak mudah, setiap emosi yang ada di dalam diri seseorang sebenarnya dapat dikendalikan. Jika kamu punya keyakinan yang sangat kuat untuk mengubah cara menyampaikan emosi, kamu akan terhindar dari dampak buruk emosi yang tak terkendali.

Dari sekian banyak emosi yang bisa kamu rasakan, marah adalah salah satu emosi yang tak hanya berdampak buruk pada dirimu sendiri, namun juga untuk orang terdekat. Sebab, bukan tak mungkin kamu akan mengeluarkan ucapan yang tidak pantas ataupun perilaku abusive.

Tentu saja kamu tak ingin jika orang-orang terdekat yang kamu sayangi harus merasa tak nyaman atau bahkan sakit hati hanya karena kamu tidak mampu mengendalikan amarahmu sendiri. Kamu pun mungkin akan langsung menyesali perbuatanmu karena telah melampiaskan amarah pada orang yang sebenarnya tidak tahu apa-apa. Cukup sulit untuk memahami rasa marah, sebab emosi ini seringkali muncul secara mendadak. Apalagi jika kamu ternyata memiliki anger issues, akan ada banyak kejadian yang dengan mudah memicu amarahmu.

Agar bisa mengatasinya, kamu membutuhkan terapi khusus untuk mengelola cara penyampaian amarahmu agar tak berlebihan. Namun, jika kamu belum sempat melakukan terapi khusus, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar amarahmu tak berdampak buruk bagi orang lain.

1. Jelaskan Keadaan Emosimu yang Tidak Stabil Pada Orang Terdekat

emosi
Ilustrasi emosi. (Freepik)

Saat kamu menyadari keberadaan anger issues di dalam dirimu, kamu harus terbuka dan segera menyampaikannya ke orang terdekatmu. Sebab, dengan menjelaskan keadaan emosimu yang cenderung tidak stabil, diharapkan mereka bisa mengerti dan membantu untuk mengatasinya.

2. Lakukan Meditasi Bersama Orang-orang Tersayang

emosi
Ilustrasi emosi. (Freepik)

Kalau kamu bersama dengan orang-orang yang mau menerima keadaanmu apa adanya, mereka akan dengan senang hati membantumu agar bisa merasa lebih baik. Ajak mereka untuk melakukan meditasi bersama-sama. Selain bermanfaat untuk melatih kestabilan emosi, kamu juga bisa menikmati quality time bersama orang-orang tersayang

3. Saat Merasa Marah, Ambil Jarak untuk Sementara Waktu

emosi
Ilustrasi emosi. (Freepik/Drobotdean)

Jika kamu mulai merasa marah pada dirimu, orang lain atau keadaan di sekitar, coba beri jarak untuk sementara waktu dengan orang terdekat. Beri mereka pengertian untuk bisa membiarkanmu meredam amarah seorang diri. Hal ini dilakukan agar mereka tak menerima aura negatif dari dalam dirimu atau bahkan jadi korban pelampiasan amarah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
JOIN US
JOIN US