The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Tips Aman Lakukan Imunisasi saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi imunisasi pada anak. (Pexels/CDC)
Health

Ini Tips Aman Lakukan Imunisasi saat Pandemi Covid-19

Imunisasi harus lengkap.

Senin, 26 April 2021 15:44 WIB 26 April 2021, 15:44 WIB

INDOZONE.ID - Imunisasi perlu diberikan pada bayi dan anak-anak untuk mencegah risiko penyakit berbahaya di kemudian hari. Namun pandemi Covid-19 cukup membuat banyak orang takut untuk membawa anak mereka untuk imunisasi.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K) mengatakan sebaiknya orangtua tidak perlu takut membawa anaknya untuk mendapat imunisasi. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat buku imunisasi dan mengetahui vaksin apa saja yang belum dilengkapi.

"Lalu datangi atau hubungi kontak rumah sakit tempat melakukan imunisasi dan tanyakan bagaimana caranya untuk membawa anak ke imunisasi. Mungkin caranya berbeda dengan sebelum pandemi, misalnya lebih dibatasi jumlah anaknya," kata dr. Nastiti dalam suatu webinar beberapa waktu lalu.

Kemudian, orangtua perlu membuat perjanjian jam untuk pemberian imunisasi. Ini bisa dilakukan demi keamanan anak.

Ia juga mengingatkan agar orangtua memberitahukan tenaga kesehatan imunisasi apa saja yang belum lengkap, sehingga bisa diberikan secara bersamaan.

BACA JUGA: Covid-19 Lebih Berbahaya untuk Ibu Hamil, Ini Sebabnya

"Harus dihubungi dan beritahukan imunisasi yang belum lengkap apa, agar nanti direncanakan akan kejar imunisasi yang mana. Dua suntikan dalam satu kunjungan bisa diberikan untuk mempercepat pengejaran ketertinggalan," lanjutnya.

Saat mendatangi rumah sakit atau layanan kesehatan untuk imunisasi, dr. Nastiti juga mengingatkan untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Selain mengunjungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, imunisasi di masa pandemi juga bisa dilakukan dengan menggunakan layanan kesehatan imunisasi di rumah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US