The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Stres Bisa Berpengaruh pada Kondisi Kulit? Ini Penjelasannya
Ilustrasi orang alami stres (Pixabay/Geralt)
Health

Benarkah Stres Bisa Berpengaruh pada Kondisi Kulit? Ini Penjelasannya

Sebisa mungkin hindari penyebab stres, ya!

Rabu, 18 November 2020 15:40 WIB 18 November 2020, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Saat kulit sedang berjerawat, kamu mungkin pernah mendengar orang lain mengaitkannya dengan kondisi stres. Stres dianggap bisa berpengaruh pada kondisi kulit dan membuatnya semakin bertambah buruk. Namun, apakah kondisi kulit benar-benar sangat dipengaruhi oleh stres?

Sebelum membahas stres, kita harus tahu kalau penyebab masalah-masalah yang terjadi pada kulit dapat dialami akibat ketidakseimbangan hormon. Selain itu, faktor makanan dan kebersihan juga punya pengaruh cukup besar. Jika kamu sering menggunakan make up, kamu akan rentan terkena jerawat.

Baca juga: Viral Cewek 10 Bulan Tak Alami Haid, Datang ke Dokter Kandungan, Hasilnya Bikin Kaget

Nah, agar terhindar dari jerawat dan masalah kulit lainnya, kamu harus mengatur pola makan dengan baik serta menghindari penggunaan make up berlebih. Selain itu, kamu juga perlu melakukan perawatan untuk menjaga kondisi kulit. Misalnya saja rutin menggunakan pelembab dan tabir surya.

Namun, jika kamu sudah melakukan perawatan yang terbaik dan masih saja mendapatkan jerawat, ada kemungkinan kamu sedang mengalami stres. Saat sedang stres, tubuh akan merespon rasa stres yang kamu alami. Respon stres ini menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol dan senyawa-senyawa kimia lainnya untuk mengatasi stres yang ada.

Kortisol sangat berpengaruh pada kulit, di mana ia akan meningkatkan sekresi minyak pada kulit, termasuk kulit wajah. Akibat sekresi minyak berlebih, kelenjar pada kulit jadi tersumbat. Hal ini kemudian menjadi penyebab utama timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

stres, lelah, kondisi tubuh
(Pixabay/Silviarita)

Kondisi stres juga bisa membuatmu mengalami peningkatan adrenalin. Hal ini menyebabkan tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih. Kamu mungkin saja akan mengalami dehidrasi akibat timbulnya rasa stres.

Baca juga: Setelah Ganti Gender, Dena Rachman Akhirnya Pindah Agama

Selain itu, stres terkadang membuatmu melupakan hal-hal penting, termasuk menjaga kondisi diri. Kamu tidak punya pola makan yang teratur serta mengabaikan kondisi tubuh. Tak heran jika akhirnya rasa stres menjadi penyebab utama munculnya masalah-masalah pada kulit.

Jika kamu sedang mengalami stres, kamu bisa mencegah timbulnya masalah kulit dengan mengonsumsi air mineral yang cukup agar tubuh selalu terhidrasi. Selain itu, kamu juga perlu berolahraga agar tubuh tetap sehat dan sebisa mungkin kelola stres dengan baik. Sebab, hal ini bisa mengurangi dampak stres terhadap kondisi kulitmu.

Artikel menarik lainnya


TAG
Susi Fatimah
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US