The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Pandemi COVID-19 Bakal Berakhir, Indonesia Masih Sangat Berhati-Hati
Ilustrasi tenaga medis. (FREEPIK/8photo)
Health

Soal Pandemi COVID-19 Bakal Berakhir, Indonesia Masih Sangat Berhati-Hati

Jumat, 23 September 2022 21:00 WIB 23 September 2022, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus yang mengatakan bahwa COVID-19 akan berakhir jadi perbincangan di dunia.

Terkait hal tersebut Indonesia masih mengedepankan prinsip kehati-hatian untuk menyatakan pandemi COVID-19 sudah berakhir. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof, Wiku Adisasmito.

Baca juga: WHO Ungkap Akhir COVID-19 Sudah di Depan Mata, Mungkinkah akan Kembali Normal?

"Indonesia masih mengedepankan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan. Jangan sampai kita tergesa-gesa menyampaikan bebas pandemi tanpa mengacu pada data dan kondisi COVID-19 terkini dari berbagai negara di dunia," ujarnya dikutip dari Antara.

Ia juga menjelaskan situasi pada tingkat global, sebagian negara sudah mengalami penurunan kasus dalam waktu yang cukup lama.

Jerman dan Italia sudah mengalami penurunan kasus COVID-19 selama dua bulan sejak puncak kasus terakhir.

Amerika Serikat, Kanada, dan India kasusnya cenderung stabil setelah awal tahun. Dan Inggris sempat mengalami kenaikan kasus pada Maret namun terus cenderung menurun.

Sementara itu, Malaysia mengalami penurunan kasus sudah enam bulan sejak puncak kasus terakhir, sedangkan Australia dan Singapura sudah dua bulan sejak kenaikan terakhirnya.

Korea Selatan dan Jepang menjadi negara yang baru saja pulih dari puncak kasusnya, di mana kedua negara tersebut mengalami puncak kasus di bulan Agustus lalu.

Baca juga: WHO: Untuk Menuju Endemi COVID-19, Cakupan Vaksinasi Harus 100 Persen

Meski demikian, Wiku mengatakan bahwa masih ada beberapa negara yang mengalami kenaikan kasus seperti Rusia, Perancis, dan Austria yang mengalami kenaikan kasus mingguan.

Kasus COVID-19 hari ini juga mengalami penurunan, dilaporkan ada sebanyak  1.904. kasus baru. Jumlah ini turun dari hari sebelumnya, Kamis (22/9/2022), yakni 2.162 kasus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US