The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ramai Soal Minuman Manis di Medsos, Ini Aturan Konsumsi Gula Menurut Kemenkes
Ilustrasi gula. (FREEPIK/fabrikasimf)
Health

Ramai Soal Minuman Manis di Medsos, Ini Aturan Konsumsi Gula Menurut Kemenkes

Empat sendok per hari.

Selasa, 27 September 2022 15:00 WIB 27 September 2022, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan minuman Es Teh Indonesia sedang ramai diperbincangkan oleh netizen usai pihak Es Teh melayangkan somasi kepada seorang pembeli yang mengkritik minuman yang dianggap terlalu manis di media sosial Twitter.

Mengenai hal tersebut, sebenarnya berapa asupan ideal konsumsi gula harian yang aman? Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam laman resminya menyebutkan konsumsi gula untuk setiap individu yang ideal ialah empat sendok makan atau setara 50 gram atau 10 persen dari total energi.

Baca juga: Dokter Sarankan Buka Puasa Diawali dengan Minum Air Putih, Bukan Minuman Manis

Untuk mengatur asupan gula setiap hari harus teliti melihat kandungan gizi pada lebel makanan. Sebagai pengganti gula kamu dapat menggunakan rempah-rempahan seperti kayu manis, pala dan juga jahe saat memasak.

Dilansir Antara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan dr. Elvieda  Sariwati bulan Agustus lalu dalam diskusi publik daring, menjelaskan konsumsi garam, gula dan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit stroke dan kardiovaskuler.

Sementara itu, Organisasi masyarakat sipil Center for Indonesia's Strategic Development Initiative (CISDI) mengatakan bahwa peningkatan konsumsi minuman manis dalam kemasan meningkat hingga 15 kali lipat selama dua dekade.

Baca juga: Bisa Picu Kanker Usus, Yuk Kurangi Konsumsi Minuman Manis dengan 3 Tips Ini

Peningkatan tersebut disertai tren yang meningkat pada kasus obesitas dan kelebihan berat badan.

Pada dekade lalu, diabetes ada diperingkat keenam. Peningkatan ini disebut CISDI signifikan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan konsumsi minuman manis yang tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US