The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-Hati! Minuman Manis Berisiko Sebabkan Kanker Usus pada Wanita di Bawah Usia 50 Tahun
Ilustrasi minuman manis. (freepik)
Health

Hati-Hati! Minuman Manis Berisiko Sebabkan Kanker Usus pada Wanita di Bawah Usia 50 Tahun

Selasa, 04 Januari 2022 13:31 WIB 04 Januari 2022, 13:31 WIB

INDOZONE.ID - Kanker kolorektal atau kanker usus, salah satu jenis kanker yang paling umum menyebabkan kematian, khususnnya di Amerika Serikat. Tapi, kondisi ini juga banyak terjadi pada masyarakat di Indonesia.

Dilansir Medical News Today, kanker usus kini banyak menyerang orang di bawah usia 50 tahun, meningkat tajam di beberapa negara kaya.

Berdasarkan jurnal AC di tahun 2020, sekitar 150.000 orang AS akan menerima diagnosis kanker usus dan sekitar 53.200 dilaporkan meninggal karena penyakit tersebut. Sementara itu, sekitar 18.000 orang di bawah 50 tahun didiagnosis kanker usus.

Sebuah studi  dalam jurnal Gut menghubungkan minuman manis yang dikonsumsi secara berlebihan dua kali lipat menyebabkan kanker usus, kondisi ini sangat berisiko pada orang di bawah usia 50 tahun.

Baca juga: Studi Temukan Diet Tinggi Lemak Sebabkan Kanker Usus dan Usus Besar

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan data dari 95.464 peserta Nurses' Health Study II.  Ini merupakan studi pemantauan dari 116.430 perawat terdaftar AS.

Setiap 4 tahun mulai tahun 1991, para wanita dalam penelitian melaporkan apa yang mereka makan dan minum dengan menggunakan kuesioner frekuensi makanan yang divalidasi.

Pada tahun 1998, peneliti meminta peserta untuk mengingat status kesehatan dan kebiasaan gaya hidup mereka saat remaja.

Selama 24 tahun pemantauan, 109 wanita mengembangkan kanker usus sebelum usia 50 tahun.

Itu artinya, konsumsi minuman manis berlebihan berkontribusi pada peningkatan risiko kanker usus sebelum usia 50 tahun. Jadi, penting untuk menjaga makanan dan minuman yang kamu konsumsi sejak dini, bukan karena kita masih muda, bebas untuk mengonsumsi apa saja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US