The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Virus Corona Mewabah, Seberapa Sering Kita Harus Cuci Tangan?
Ilustrasi mencuci tangan. (Freepik/Shayne_ch13)
Health

Virus Corona Mewabah, Seberapa Sering Kita Harus Cuci Tangan?

Pertahanan melawan virus corona.

Selasa, 03 Maret 2020 15:24 WIB 03 Maret 2020, 15:24 WIB

INDOZONE.ID - Penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia membuat masyarakat khawatir. Banyak dari kita yang bertanya tentang bagaimana mempertahankan diri terhadap penyakit ini.

Dilansir dari Popsugar, Sandra Kesh seorang dokter spesialis penyakit menular di Westmed Medical Group, New York, menjelaskan bahwa pertahanan terbaik untuk melawan virus corona adalah dengan mencuci tangan.

"Di samping mendapatkan vaksin yang belum ada untuk virus corona, mencuci tangan adalah cara paling penting untuk menghindari tertular virus pernapasan seperti virus corona atau influenza," kata Sandra Kesh.

Kebersihan tangan yang baik sangat penting karena virus menular dengan cepat saat kamu melakukan kontak langsung dengan mulut, mata, atau hidung. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita menyentuh wajah kita lebih dari 20 kali per jam.

Lalu pertanyaannya, seberapa seringkah kita harus mencuci tangan supaya terhindar dari virus corona atau virus penyakit lainnya?

Seperti yang dikutip Indozone dari Popsugar, Ashish Sharma, seorang dokter penyakit dalam bersertifikat di Yuma Regional Medical Center di Arizona, membagikan waktu yang tepat untuk mencuci tangan.

Catat Waktunya:

  1. Setelah kamu bersin
  2. Sebelum menyentuh wajah
  3. Sebelum dan sesudah memasak
  4. Sebelum dan sesudah makan
  5. Setiap kamu berada dalam jarak enam kaki dari orang yang sakit
  6. Sebelum dan sesudah memberikan perawatan kepada orang yang sedang sakit
  7. Sesudah memegang dan memberi makanan kepada hewan
  8. Setelah membersihkan atau bersentuhan dengan kotoran hewan
  9. Setelah membuang sampah
  10. Setelah mengganti popok bayi
  11. Setelah menggunakan toilet
  12. Setelah berada di angkutan umum

Ada baiknya kamu selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan tangan, supaya terhindar dari paparan virus corona. Tetap waspada, tapi jangan panik berlebihan. Karena perlu digarisbawahi, orang yang panik, imunitas tubuhnya akan berkurang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US