The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jika Mengolahnya Tepat, Kentang Dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Berbahaya
Ilustrasi kentang. (Pexels/Pixabay)
Health

Jika Mengolahnya Tepat, Kentang Dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Berbahaya

Bagaimana mengolahnya?

Minggu, 24 Mei 2020 14:36 WIB 24 Mei 2020, 14:36 WIB

INDOZONE.ID - Kentang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat mudah diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Kentang biasa dikonsumsi dengan lauk atau sayuran lain karena perannya yang dapat menggantikan nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh jika cara pengolahannya tepat.

Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal kala ingin mengonsumsi kentang adalah mengolahnya dengan cara direbus, dipanggang ataupun dikukus kemudian kamu bisa padukan kentang tersebut dengan bumbu-bumbu dapur sesuai seleramu.

Usahakan untuk tak mengonsumsi kentang yang digoreng. Hal ini dikarenakan kandungan kentang yang sebenarnya baik untuk tubuh dapat hilang perlahan karena digantikan dengan lemak jenuh yang menempel pada kentang yang telah digoreng tersebut. Apalagi jika kentang tersebut dipanaskan berulang kali tanpa kamu mengetahui prosesnya.

Menurut beberapa penelitian, kentang memiliki antioksidan yang tinggi. Di dalam kentang terdapat zat asam fenolik, karotenoid serta flavonoid. Seluruh zat tadi merupakan zat yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas di tubuh.

Radikal bebas sendiri diketahui dapat membahayakan kesehatan sebab mampu menimbulkan berbagai penyakit serius seperti gangguan jantung, kanker serta diabetes.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara mengolah suatu bahan makanan dengan tepat agar manfaatnya dapat diserap dengan baik oleh tubuh tanpa menghilangkan zat-zat penting di dalamnya.
 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US