The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 6 Gejala Tipes pada Dewasa yang Harus Kamu Pahami, Waspada!
Ilustrasi Gejala Tipes (unsplash.com/@luxgraves)
Health

6 Gejala Tipes pada Dewasa yang Harus Kamu Pahami, Waspada!

Tipes ditandai dengan banyak gejala

Senin, 11 April 2022 16:31 WIB 11 April 2022, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Tipes atau demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit ini umum terjadi di Indonesia mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Biasanya, tipes mulai muncul setelah masa inkubasi bakteri selesai, yaitu sekitar 3-14 hari atau 30 hari paling lambat. Tipes ini pada dasarnya bukanlah penyakit, melainkan kumpulan kondisi yang ditandai oleh infeksi bakteri Salmonella typhi tadi. 

Munculnya tipes pada dewasa ditandai oleh beberapa gejala. Berikut beberapa gejala tipes yang perlu kamu tahu.

1. Berkeringat 

gejala tipes
Berkeringat demam (unsplash.com/@nate_dumlao)

Biasanya, tipes ditandai dengan demam. Namun, sebelumnya seseorang pasti akan berkeringat hingga merasa panas. Jadi, cara kerjanya adalah otak akan memerintahkan tubuh, tepatnya kelenjar keringat melalui pori-pori sebagai cara mengembalikan tubuh ke suhu normal. 

2. Merasa Lemas

gejala tipes
Lemas Gejala Tipes (unsplash.com/@all_who_wander)

Saat ingin sakit tipes, seseorang pasti akan merasakan tubuhnya yang lemas dan tidak berdaya. Ini bukanlah kondisi yang asing terjadi jika seseorang mengalami gejala tipes atau sakit lainnya. 

Alasannya adalah tubuh terus membuang banyak cadangan cairan dan elektrolitnya lewat feses serta keringat. 

3. Pencernaan Tidak Baik 

gejala tipes
Pencernaan Tidak Baik (cedars-sinai.org)

Kondisi pencernaan yang tidak baik, membuat seseorang yang mengalami gejala tipes kekurangan cairan. Biasanya, kamu akan merasakan diare atau sembelit. 

Selain akan merasa letih dan lemas, usus yang terinfeksi bakteri, yang mana menyebabkan pencernaan tidak baik dan tidak dapat mencerna makanan dengan baik dan membuat proses penyerapan air ikut terganggu. 

4. Demam 

gejala tipes
Ilustrasi Demam (vicks.com)

Demam yang menjadi gejala tipes biasanya meningkat secara perlahan dari suhu yang rendah hingga tinggi di 40 celcius. Namun, demam yang menjadi gejala tipes terasa lebih parah saat malam hari. Namun, dari demam ini menandakan bahwa seseorang akan segera masuk dalam sakit tipes.

5. Penurunan Nafsu Makan

gejala tipes
Kehilangan Nafsu Makan (ai-care.id)

Ketika pencernaan seseorang yang mengalami gejala tipes kurang baik, nafsu makan juga pasti terganggu. Sistem imun akan merangsang otak untuk melepaskan zat kimia leptin yang bekerja menurunkan nafsu makan.

Namun, jika gejala ini muncul, biasanya tubuh menandakan sedang dalam proses pemulihan dari tipes. Hal ini karena bakteri yang kelaparan cepat mati karena seseorang yang mengalaminya  hanya memberikan sedikit asupan makanan pada tubuh.

6. Mual dan Muntah 

gejala tipes
Ilustrasi Mual dan Muntah (rsud.bulelengkab.go.id)

Bakteri penyebab tipes dalam hal ini akan menginfeksi dinding lambung dan usus. Hal ini akan menjadi pemicu mual hingga muntah pada seseorang yang mengalami gejala tipes

Jadi, mual muntah merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dan bakteri dari dalam sistem pencernaan. 

Nah, itulah beberapa gejala tipes yang perlu kamu pahami dan waspadai.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US