Ini Alasan Mode Malam Ponsel Nggak akan Bantu Tidur
Ilustrasi/treehugger
Health

Ini Alasan Mode Malam Ponsel Nggak akan Bantu Tidur

Jumat, 20 Desember 2019 13:42 WIB 20 Desember 2019, 13:42 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa orang mungkin akan memilih mengaktifkan ponsel dalam mode malam atau night mode supaya jadi lebih mudah tidur. Namun, alih-alih tertidur, kamu justru terus menggunakan ponsel hingga dua sampai dua tiga jam kemudian.

Ternyata, meredupkan layar ponsel tidak akan membantu kita tertidur. Sebuah penelitian dari University of Manchester mengungkapkan fakta terbaru soal pengaktifan night mode pada ponsel.

main ponsel
electronicproducts

Penelitian itu bahkan menyebutkan bahwa cahaya kuning ponsel bahkan lebih buruk untuk tidur.

Alasannya, warna kuning pada ponsel masih membuat kita terjaga berdasarkan prinsip ilmiah. Hal itu karena protein di mata yang disebut melanopsin merespons intensitas cahaya, atau panjang gelombangnya.

Semakin pendek suatu gelombang, maka semakin banyak kecerahan berkurang dan membuat layar tampak lebih kuning.

Seharusnya, layar yang warnanya tampak lebih hangat bisa membantu seseorang jadi mengantuk.

ponsel
Unsplash

Sel kerucut pendeteksi warna di mata mengirimkan sinyal biologis ke otak apakah itu siang atau malam, dan ini mendasarkan pada jenis cahaya yang diterimanya. Nah, layar yang cerah ini seakan mengatakan pada tubuh kita kalau saat itu masih siang hari, sehingga membuat kita sama sekali tidak mengantuk.

Seorang ahli bernama James Roring MD menyarankan, seseorang seharusnya tidak memainkan ponselnya lagi satu jam sebelum tidur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU