Bupati Aceh Minta Warga Nonmuslim Tak Rayakan Tahun Baru Berlebihan

- Jumat, 20 Desember 2019 | 11:16 WIB
ANTARA/HO-Pemkab Aceh Barat
ANTARA/HO-Pemkab Aceh Barat

Menjelang tahun baru yang sebentar lagi akan tiba, Bupati Aceh Barat H Ramli MS, meminta agar masyarakatnya yang nonmuslim tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan.

Hal ini untuk menghindari persoalan baru yang bisa terjadi ditengah masyarakat.

-
FOTO ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

"Saya meminta masyarakat nonmuslim agar menghormati masyarakat Muslim di Aceh Barat dengan kegiatan yang sifatnya hura-hura dan bertentangan dengan syariat Islam," kata Bupati Ramli saat melakukan rapat bersama unsur pimpinan daerah di Meulaboh, Kamis (19/12).

Ia menambahkan, masyarakat nonmuslim tetap bisa merayakan pergantian tahun asalkan, kegiatan yang dilakukan tidak bertentangan dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Aceh.

Terlebih Aceh yang sudah lama memberlakukan penerapan syariat Islam, sehingga Aceh memiliki kekhususan tersendiri yang tidak sama dengan daerah lainnya di Indonesia.

-
ilustrasi/pixabay

Ramli juga meminta kepada instansi terkait untuk menyusun rencana pergantian tahun baru dengan matang dan menyamakan persepsi. Hal ini untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi di lapangan, sehingga malam pergantian tahun baru di Aceh Barat dapat berjalan aman dan damai.

"Bagi masyarakat nonmuslim yang merayakan tahun baru dipersilahkan, asalkan tidak dilakukan di tempat umum dan menghormati warga Muslim," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X