The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada, Virus Corona Bisa Hidup di Sepatu Hingga 5 Hari
Sepatu yang tengah dipakai (freepik)
Health

Waspada, Virus Corona Bisa Hidup di Sepatu Hingga 5 Hari

Sumber potensial penyebaran.

Sabtu, 04 April 2020 07:15 WIB 04 April 2020, 07:15 WIB

INDOZONE.ID - Laju kasus virus corona belum melambat di dunia, termasuk di Indonesia. Angkanya terus meningkat. Data dari Worldmeter.com, terdapat 1.986 kasus virus corona di Indonesia, dengan jumlah pasien yang meninggal dunia yaitu 181, dan 134 lainnya sembuh.

Untuk mengurangi angka kasus virus corona, World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih, termasuk rajin mencuci tangan.

Ada lagi, hal lain yang harus diperhatikan setelah bepergian yaitu segera melepas alas kaki setelah sampai di rumah.

Sebuah studi yang dilakukan Institut Kesehatan Nasional di Amerika Serikat menemukan, virus corona bisa bertahan hingga lima hari di alas kaki, seperti Indozone lansir dari The New York Times, Sabtu (4/4/2020).

Hasil peneilitian tersebut menemukan, virus corona pada alas kaki yang terbuat dari plastik dapat hidup sampai tiga hari. Pada bahan lain, seperti karet, hingga lima hari.

Spesialis penyakit menular Mary E. Schmidt mengatakan, "waktu kelangsungan hidup virus sebenarnya bisa lima hari atau lebih, sesuai bahan alas kaki dan suhu kamar."

sepatu
Sepatu dari kulit (freepik)

Sumber Kontaminasi

Menurut Georgine Nanos, yang merupakan praktisi keluarga di Amerika Serikat, sepatu dapat menjadi sumber potensial kontaminasi, termasuk virus corona. Apalagi, jika dipakai di daerah yang sangat padat seperti pasar, rumah sakit, atau tempat kerja.

"Bisa saja kamu menjadi pembawa virus jika sepatu yang kamu pakai menyentuh tempat yang terinfeksi atau seseorang yang sudah terinfeksi," sebutnya.

Sepatu plastik
Sepatu plastik (freepik)

Cara Aman Mencegah Virus Corona dari Sepatu

  1. Lepaskan sepatu sebelum masuk rumah
  2. Mencuci sepatu yang dipakai di tempat umum dengan air dan sabun
  3. Sepatu dengan bahan kulit sebaiknya dibersihkan dengan disinfektan

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US