The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tangkal Virus Corona, Haruskah Pakai Kostum Plague Doctor Seperti di Abad 17?
Plague doctor. (anehdidunia)
Fakta Dan Mitos

Tangkal Virus Corona, Haruskah Pakai Kostum Plague Doctor Seperti di Abad 17?

Dokter wabah.

Jumat, 03 April 2020 16:09 WIB 03 April 2020, 16:09 WIB

INDOZONE.ID - Plague doctor atau yang diartikan ke dalam Bahasa Indonesia dokter wabah merupakan dokter-dokter yang mudah dikenali di Eropa karena penampilannya.

Biasanya, dokter akan mengenakan pakaian serba putih dan terlihat bersih. Namun, tidak untuk plague doctor, mereka justru mengenakan pakaian berwarna gelap dengan topi bundar yang terbuat dari kulit.

Dilansir dari Ancient-origins, Jumat (3/4/2020), mereka juga mengenakan topeng yang menyerupai kepala burung lengkap dengan paruhnya. Bagian paruh topeng diisi dengan wewangian. Selain itu, bagian mata pada topeng juga dipasang semacam kaca, agar tak tertular penyakit.

Tangkal Virus Corona, Haruskah Pakai Kostum Plague Doctor Seperti di Abad 17?
Pakaian plague doctor. (Ancient-origins)

Penggunaan pakaian pelindung yang digunakan plague doctor bukan tanpa sebab. Mereka kerap berinteraksi langsung dengan para korban yang terinfeksi penyakit mematikan.

Pada abad pertengahan di Eropa, ada wabah penyakit yang dikenal sebagai Black Death. Wabah ini merupakan penyakit pes yang pertama kali muncul di Asia pada abad ke-14.

Plague doctor bertugas menangani pasien yang terinfeksi penyakit tersebut. Mereka akan merawat orang-orang yang terjangkit penyakit tersebut, dan menguburkan mayatnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US