The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kaya Akan Kalsium, Makanan dan Minuman Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi
Ilustrasi Gigi Sehat. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Kaya Akan Kalsium, Makanan dan Minuman Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi

Senin, 22 Februari 2021 14:24 WIB 22 Februari 2021, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Kesehatan gigi merupakan hal yang penting untuk dirawat. Sebab, gigi yang sehat akan membuat aktivitas mengonsumsi makanan semakin mudah, dan tentunya semakin pede untuk berpenampilan.

Menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan melakukan kontrol ke dokter. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini:

1. Teh hijau

Banyak orang mengatakan teh bisa berdampak buruk pada warna gigi. Namun ini justru berlaku sebaliknya untuk teh hijau. Sebab, teh hijau mengandung fluorida yang membantu memperkuat gigi. Kemudian berdasarkan penelitian pada 2012, antioksidan dalam minuman panas juga dapat berperan dalam kesehatan periodontal yang lebih baik.

2. Susu

Lalu ada susu yang diketahui mengandung banyak kalsium. Ini bisa membuat gigi kuat dan meningkatkan kesehatan mulut. Kalsium adalah salah satu struktur utama yang menyusun enamel, lapisan luar gigi. Itu sebabnya makanan apa pun yang mengandung kalsium, seperti susu, akan sangat bagus untuk gigi.

Baca Juga: Konsumsi 4 Minuman Ini Sebelum Tidur, Bisa Bikin Berat Badan Kamu Cepat Turun

3. Bawang mentah

Lalu ada bawang mentah. Sama halnya seperti wortel, bawang mentah mempunyai tekstur keras yang dapat bertindak sebagai "sikat gigi" untuk menghilangkan plak. Selain itu, bawang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bakteri tidak diinginkan di mulut.

4. Wortel

Makanan yang satu ini terkenal baik untuk kesehatan mata. Tapi nyatanya, wortel juga mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi. Ini karena wortel kaya vitamin A, vitamin B6, biotin, dan serat, kemudian mempunyai tekstur keras yang bagus untuk gigi.

Walaupun beberapa makanan dan minuman di atas memberikan manfaat bagi kesehatan gigi, para pakar tetap merekomendasikan untuk menjaga kebersihan gigi. Mulai menyikat gigi sebanyak dua kali sehari selama 2 menit, hingga periksa ke dokter gigi secara berkala.

TAG
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US